PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

TRI SULISTYOWATI, NIM. 1520421004 (2017) PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG)
1520421004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG)
1520421004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah fenomena kurang profesional yang ditunjukkan oleh guru-guru bersertifikat di berbagai daerah, seperti yang seringkali penulis amati di lingkungan sekitar. Hal tersebut sangat bertentangan dengan tujuan diadakannya uji sertifikasi, yaitu menjadikan guru kurang profesional menjadi lebih profesional. Sehingga dalam hal ini, perlu dipertanyakan konsekuensi dari adanya uji sertifikasi. Dengan demikian, penulis ingin meneliti lebih lanjut pengaruh predikat profesional guru bersertifikat pendidik di Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Apakah guru bersertifikat di daerah tersebut sudah menunjukkan profesionalnya atau justru sebaliknya. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Salaman yang terdiri dari 17 MI, menggunakan metode survei kuesioner, dengan melibatkan 46 responden guru sertifikasi dan 46 guru belum sertifikasi yang diambil dari 17 MI berbeda (16 Madrasah Ibtidaiyah Swasta dan 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh kepemilikan sertifikat pendidik terhadap profesional kerja. Penelitian ini membandingkan tingkat perilaku profesional guru berdasarkan status sertifikasi, usia dan masa kerja. Metode kuantitatif dipilih sebagai pendekatan analisa data dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil survei menunjukan bahwa: pertama, sertifikasi tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap perilaku profesional guru bersertifikat pendidik. Namun, ada beberapa pengaruh lain dari faktor lingkungan luar yang menjadikannya profesional. Kedua, status sertifikasi tidak dapat dijadikan jaminan terhadap perilaku profesional guru, hal itu dibuktikan dengan hasil jawaban angket yang di dapatkan di lapangan bahwasanya guru yang tidak bersertifikat dan guru yang bersertifikat tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap perilaku profesionalnya. Ketiga, guru bersertifikat yang memiliki skala usia 40 cenderung lebih menonjol perilaku profesionalnya dibandingkan dengan guru berusia 40 tahun. Kondisi tersebut menunjukkan bahwasanya usia 40 tahun tidak menjadi jaminan terhadap perilaku profesional seseorang, ada beberapa faktor yang menyebabkan profesionalnya menjadi rendah seperti halnya kejenuhan yang dialami dan semakin banyak beban yang dihadapinya. Sama halnya dengan masa kerja, semakin lama masa kerja seorang guru tidak menjadi jaminan orang tersebut memiliki pribadi profesional. Indikasi terkait kejenuhan seseorang yang dialami oleh lamanya masa kerja dibenarkan dengan hasil temuan di lapangan yang dialami oleh guru bersertifikat pendidik di kecamatan Salaman kebupaten Magelang. Bahwasanya guru yang memiliki masa kerja 10 tahun lebih menunjukkan perilaku profesionalnya dibandingkan dengan guru yang memiliki masa kerja 10 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Istiningsih M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perilaku Profesional, Guru, Sertifikat Pendidik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:46
Last Modified: 26 Oct 2017 01:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27795

Actions (login required)

View Item View Item