AKTIVITAS PROGRAM KORDINATOR DALAM MENDESAIN PROGRAM ACARA (STUDI KASUS I-RADIO YOGYAKARTA)

MUKHAMAD ARIFIN NIM: 02210963, pith (2012) AKTIVITAS PROGRAM KORDINATOR DALAM MENDESAIN PROGRAM ACARA (STUDI KASUS I-RADIO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS PROGRAM KORDINATOR DALAM MENDESAIN PROGRAM ACARA (STUDI KASUS I-RADIO YOGYAKARTA))
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS PROGRAM KORDINATOR DALAM MENDESAIN PROGRAM ACARA (STUDI KASUS I-RADIO YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Radio merupakan salah satu media massa. Semua media massa umumnya mempunyai fungsi yang sama. Sebagai alat yang memberikan informasi (fungsi informatif), artinya melalui isinya seseorang dapat mengetahui, memahami sesuatu. Sebagai alat yang mendidik (fungsi edukatif), artinya isinya dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan moral seseorang. Sebagai alat menghibur (fungsi entertainment), yakni melalui isinya seseorang dapat terhibur, menyenangkan hatinya, memenuhi hobbinya, mengisi waktu luangnya. Radio merupakan media yang memiliki jangkauan selektif terhadap segmen khayalak tertentu seperti halnya majalah. Di Indonesia yang mempunyai tipe masyarakat agraris dengan jangkauan wilayah yang sangat luas, radio menjadi solusi kebutuhan terhadap komunikasi yang dapat memacu perubahan masyarakat. Sebagai media, radio memiliki beberapa kekuatan seperti: (1) Menjangkau jumlah khalayak sasaran yang besar pada waktu yang bersamaan. (2) Menjangkau individu atau kelompok masyarakat yang hidup terpencil dan terpencar-pencar seperti kehidupan masyarakat agraris pada umumnya. (3) Mengatasi berbagai kendala geografis. (4) Mudah dimengerti, tidak memerlukan kemampuan membaca sehingga dapat dikonsumsi masyarakat yang tidak bisa membaca. Namun ada juga kelemahan radio, yaitu: (1) Radio tidak dapat menayangkan gambar visual. (2) Radio menyiarkan informasi hanya sekelebat, sehingga pendengar kadang tidak memiliki waktu untuk mencatat informasi yang penting dan tidak bisa meminta penyiar untuk mengulanginya. (3) Radio bersifat terbagi, artinya dalam satu wilayah tertentu mungkin terdapat 20-30 stasiun radio. (4) Radio memiliki lokal area service atau daerah siaran yang terbatas pada lokal area sebagai akibat dari adanya kebijakan pemerintah tentang penyiaran radio. Dari kekuatan dan kelemahan media radio maka peran Programmer sangatlah signifikan dalam menentukan program acara karena akan berkaitan dengan segmentasi khalayak. Pendengar radio sangat selektif dalam memilih acara, hanya acara yang menurut penilaiannya baik yang akan dinikmati, sementara acara yang menurutnya tidak baik akan dilewatkan begitu saja. I-Radio Jogja dalam jangka waktu 5 bulan siaran pertamanya berhasil menduduki peringkat ke 2. Berdasarkan survey AC Nielsen Wave 4 tahun 2005 (release Februari 2006), untuk Segmen Usia 20-34 Tahun dan Kelas Ekonomi S.E.S: AB (menengah ke atas). Dalam setiap stasiun berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih sebanyak mungkin pendengar dan bisa dikatakan perang stasiun radio yang hanya dibekeli oleh program acara sebagai senjatanya. Pendengar sangatlah penting, mengingat biro iklan seringkali menetapkan jumlah pendengar sebagai ukuran untuk menentukan pemuatan atau pemasangan produknya. Di I-Radio Jogja tugas-tugas Program Director ini dilakukan oleh “Program kordinatorâ€Â. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang dilakukan Program kordinator sehingga I-Radio Jogja dapat bersaing dengan radio lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Moh. Sahlan, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas program koordinator, program acara.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:33
Last Modified: 16 Oct 2015 04:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item