PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL

UPIK WINARNINGSIH, SPDI, NIM. 1520421007 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL)
1520421007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL)
1520421007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran lift ball dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi satuan panjang dan berat pada pembelajaran matematika untuk kelas IV di SDN Jurugentong. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan ini mengadaptasi dari prosedur pengembangan Bord & Gall yang kemudian di kembangkan oleh Sumarni dengan langkah-langkah yaitu: 1) tahap eksplorasi, 2) tahap pengembangan media, 3) tahap pengujian media. Pengembangan menggunakan langkah yang sama dengan pengembangan Bord & Gall akan tetapi diringkas dan disesuaikan dengan pengembangan pada bidang pendidikan. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV SDN Jurugentong. Subjek uji coba lapangan terdiri dari seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B. Pemilihan subjek coba ini didasarkan pada keseluruhan populasi kelas IV, sehingga pengambilan sampel dilakukan untuk semua populasi kelas IV di SDN Jurugentong. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar penilaian produk media pembelajaran lift ball, skala respon guru, skala respo peserta didik, dan soal pretest dan posttest hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran lift ball. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa produk media pembelajaran lift ball tersebut layak menurut ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan I menunjukkan nilai α nilai Asymp Sig. (2-tailed) (0,05 0,00) sehingga terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran lift ball. Hal ini diperkuat oleh uji coba lapangan II dengan hasil yang signifikan. Menurut respon guru dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran lift ball termasuk dalam kategori “sangat baik”. Media pembelajaran lift ball yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasill belajar peserta didik pada materi satuan panjang dan berat pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Agung Fatwanto
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran lift ball, matematika, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:05
Last Modified: 26 Oct 2017 02:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item