GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI BARAN AMBARAWA)

AMIR SUPRIYADI, NIM. 1520421008 (2017) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI BARAN AMBARAWA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI BARAN AMBARAWA))
1520421008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI BARAN AMBARAWA))
1520421008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tenaga guru yang ada di MI Baran Ambarawa masih muda dan masih wiyata bhakti, tetapi madrasah ini menjadi madrasah yang berprestasi dan diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: gaya kepemimpinan kepala madrasah yang diterapkan, dan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Baran Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode diskriptif yang bertujuan menggambarkan fakta yang sistematik dan akurat serta karakteristik mengenai bidang tertentu dengan mengambil latar MI Baran Ambarawa sebagai lokasi penelitian. Pengumpulan data menggunakan triangulasi data metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan kepala madrasah, guru, dan karyawan. Analisis data dilakukan dengan metode interaktif yaitu: pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Baran Ambarawa menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah menggunakan gaya kepemimpinan transformasional yang ditunjukan melalui indikator-indikator sebagai berikut: pemberian motivasi, disiplin, teladan bagi guru dan siswa, demokratis, memperhatikan kebutuhan guru, dan menyamakan persepsi dalam organisasi. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Baran Ambarawa dapat dilihat dari: (1) Melakukan school review, (2) Merumuskan visi, misi dan strategi, serta program kerja, (3) Memperluas kepemimpinan partisipatif, (4) Mengembangkan kultur madrasah, (5) Meningkatkan kemampuan guru, (6) Memobilisasi sumber dana, (7) Melakukan monitoring, evaluasi, dan perbaikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: Penelitian Kualitatif, Gaya Kepemimpinan, Mutu Pendidika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:10
Last Modified: 26 Oct 2017 02:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27814

Actions (login required)

View Item View Item