KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER

ST YUNIKA FITRIYANINGSIH, NIM. 1520421009 (2017) KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER)
1520421009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER)
1520421009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu metode yang harus dikuasai pendidik adalah metode discovery dan inquiry, metode ini merupakan pendekatan kognitif dalam pembelajaran, siswa didorong mempunyai pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan prisip-prinsip atau pengetahuan bagi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan penerapan metode discovery dan inquiry pada aspek pengetahuan dan sikap ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran IPA 2) mengetahui perbedaan metode discovery dan inquiry terhadap aspek pengetahuan siswa kelas V pada pembelajaran IPA, 3) mengetahui perbedaan metode discovery dan inquiry pada aspek afektif siswa kelas V pada pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah dua unit kelas, yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember. Untuk mengetahui perbedaan penerapan metode discovery dan inquiry pada aspek pengetahuan dan aspek sikap ilmiah siswa data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independet-sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode discovery pada aspek pengetahuan yaitu dengan menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur dan menarik kesimpulan. Pada pelaksanaan aspek inquiry merumuskan masalah, merancang eksperimen, mengumpulkan dan menganilis data dan menarik kesimpulan. Dari aspek yang diteliti dapat membantu dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan, mengeksplorasi informasi dan konsep belajar siswa, yaitu selektif, adaptif, meneliti, merealisasi, mengkolaborasi dan mengaktualisasi. 2) Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan aspek pengetahuan antara siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan metode discovery dengan metode inquiry. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung 2,206 pada harga signifikan 0,033 yang artinya Ho ditolak. 3) Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada aspek sikap ilmiah antara siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan metode discovery dengan metode inquiry. Hal ini dibuktikan dari hasil uji non parametrik Mann-Whitney U dengan harga signifikan 0,169 yang artinya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery, Inquiry, Aspek Pengetahuan dan Aspek Sikap Ilmiah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:16
Last Modified: 26 Oct 2017 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item