PERSEPSI GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN WALI MURID TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI SD NEGERI BUGEL BAGELEN PURWOREJO

YAHYA EDI RUSWANDI, NIM. 1520421016 (2017) PERSEPSI GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN WALI MURID TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI SD NEGERI BUGEL BAGELEN PURWOREJO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN WALI MURID TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI SD NEGERI BUGEL BAGELEN PURWOREJO)
1520421016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN WALI MURID TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI SD NEGERI BUGEL BAGELEN PURWOREJO)
1520421016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kasus pelecehan seksual di Desa Bugel Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Kasus tersebut dilakukan oleh oknum yang berprofesi sebagai uztad, terhadap dua anak usia dibawah umur. Kedua korban adalah siswi yang masih bersekolah pada tingkat sekolah dasar. Orang tua korban yang pertama, dalam kasus tersebut memilih untuk melaporkan pada pihak yang berwajib. Akan tetapi, berbeda dari kasus pertama, orang tua korban yang kedua memilih untuk tidak melaporkan kasus yang menimpa anaknya. Sebab itu, menarik untuk diteliti bagaimana implementasi dan persepsi dari para guru, kepala sekolah, dan wali murid terhadap penerapan pendidikan seksualitas di sekolah dasar. Tujuan peneliti adalah (1) Untuk mengetahui proses guru, kepala sekolah, dan wali murid dalam mengimplementasikan pendidikan seksualitas. (2) Untuk mengetahui persepsi guru, kepala sekolah, dan wali murid mengenai implementasi pendidikan seksualitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan strategi penelitian fenomenologi, yaitu meneliti secara langsung ke lapangan tempat fenomena-fenomena terhangat yang sedang terjadi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian: (1) Persepsi guru, kepala sekolah, dan wali murid tentang implementasi pendidikan seksualitas di sekolah, a) Informan menyetujui diterapkannya pendidikan seksualitas. Karena pendidikan seksualitas sangat penting untuk diberikan agar terhindar dari kekerasan seksusal, b) Informan meyakini pendidikan seksualitas dapat memberikan pemahaman anak tentang kondisi tubuhnya, pemahaman akan lawan jenisnya, dan pemahaman untuk menghindarkan diri dari kekerasan seksual maupun penyimpangan seksual. (2) Implementasi pendidikan seksualitas di SD Negeri Bugel Bagelen, a) Memberikan pengertian bahwa manusia berbeda-beda dari segi fisik serta mengajarkan perbedaan antara laki-laki dan wanita, b) Membimbing perkembangan peserta didik secara fisik, mental, dan spiritual, c) Menanamkan norma-norma susila, d) Mengajarkan berjilbab untuk perempuan sejak dini, mengajarkan cara bertutur kata, dan berakhlak mulia, e) Memberikan pengetahuan tentang menstruasi dan mimpi basah, f) Memberikan pendidikan sosial dan penanaman nilai-nilai keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Pumarna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Implementasi, dan Pendidikan Seksualitas.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:42
Last Modified: 26 Oct 2017 02:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27825

Actions (login required)

View Item View Item