ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL SUSTAINBILITY RATIO (FSR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011 SAMPAI 2016)

MUHAMMAD AFANI ADAM, NIM. 1420311057 (2017) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL SUSTAINBILITY RATIO (FSR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011 SAMPAI 2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL SUSTAINBILITY RATIO (FSR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011 SAMPAI 2016))
1420311057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL SUSTAINBILITY RATIO (FSR) PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2011 SAMPAI 2016))
1420311057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Muh. Afani Adam, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Financial Sustainbility Ratio (FSR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Magister Hukum Islam Konsentrasi Keuangan Dan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Independen yaitu Capital Asset Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financial Deposit Ratio (FDR), Net Performing Financing (NPF), Pertumbuhan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Sensitivitas NOM terhadap Inflasi (S_Inflasi) dan Sensitivitas NOM terhadap Dollar Amerika (S_Kurs) terhadap Financial Sustainbility Ratio (FSR). Obyek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia periode pengamatan 2011 sampai 2016. Sampel dalam penelitian ini di ambil dengan metode purposive sampling dan diperoleh 11 perbankan syariah di Indonesia periode penelitian ini adalah 6 tahun. Penelitian ini menggunakan eviews 7 teknik analisa yang digunakan adalah regresi dan data panel. Dari hasil uji regresi menggunakan Uji Hausman, dan Uji Chow maka didapat penelitian ini menggunakan model Random Effect. Financial Sustainbility Ratio (FSR) adalah rasio untuk mengukur keberlanjutan suatu bank dari kinerja keuangannya. Rasio ini dapat digunakan untuk memprediksi apakah suatu bank dalam kategori sehat atau sebaliknya. Semakin baik suatu bank maka semakin tinggi Financial Sustainbility Ratio (FSR) pada bank tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan disajikan dengan angkaangka dan analisa penelitian. Sifat penelitian asosiatif interaktif yaitu penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel dalam populasi. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentsi, pencatatan dan pemanfaataan dari instasi penelitian berupa arsip hasil penelitian. Hasil dari penelitian regresei menunjukan bahwa secara simultan Capital Asset Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financial Deposit Ratio (FDR), Net Performing Financing (NPF), Pertumbuhan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Sensitivitas NOM terhadap Inflasi (S_Inflasi) dan Sensitivitas NOM terhadap Dollar Amerika (S_Kurs) berpengaruh signifikan terhadap Financial Sustainbility Ratioo (FSR). Sedangkan secara parsial ada lima variabel yang berpengaruh secara siggnifikan terhadap FSR yakni Capital Asset Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financial Deposit Ratio (FDR), Net Performing Financing (NPF), Sensitivitas NOM terhadap Inflasi (S_Inflasi).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. M. Syafieq Hanafi
Uncontrolled Keywords: Bank Umum Syariah, Kinerja Keuangan, Financial Sustainbility Ratio , Variabel Independen
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Oct 2017 13:05
Last Modified: 26 Oct 2017 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum