IMPLEMENTASI KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KESADARAN HETEROSEKSUAL PADA LESBIAN DAN GAY DI YAYASAN PEDULI SAHABAT SERPONG TANGERANG

HAFIDZ MUHDHORI SKOMI, NIM. 1520310004 (2017) IMPLEMENTASI KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KESADARAN HETEROSEKSUAL PADA LESBIAN DAN GAY DI YAYASAN PEDULI SAHABAT SERPONG TANGERANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KESADARAN HETEROSEKSUAL PADA LESBIAN DAN GAY DI YAYASAN PEDULI SAHABAT SERPONG TANGERANG)
1520310004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KESADARAN HETEROSEKSUAL PADA LESBIAN DAN GAY DI YAYASAN PEDULI SAHABAT SERPONG TANGERANG)
1520310004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hafidz Muhdhori, Implementasi Konseling Dan Psikoterapi Islam Dalam Pengembangan Kesadaran Heteroseksual Pada Lesbian Dan Gay Di Yayasan Peduli Sahabat Serpong Tangerang. Konsentrasi Bimbingan Dan Konseling Islam Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga 2017 Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Konseling Dan Psikoterapi Islam dalam Pengembangan Kesadaran Heteroseksual Pada Lesbian dan Gay Di Yayasan Peduli Sahabat Serpong Tangerang. Istilah homoseksual adalah menggambarkan suatu interaksi seksual seseorang dengan pribadi yang berjenis kelamin sama. Homoseksual juga menggambarkan hubungan intim atau hubungan seksual diantara orang-orang dengan jenis kelamin yang sama. Sedangkan istilah lesbian dan gay dimaksudkan pada kombinasi identitas diri atau identitas sosial sebagai gambaran perbedaan seorang homoseksual dengan jenis kelamin perempuan dan laki-laki. Perkembangan orientasi homoseksual dan heteroseksual memiliki posisi yang sama dalam diri seseorang tergantung bagaimana seseorang tersebut membawa diri dan mengolah diri dalam kehidupan sehari-hari sehingga dari salah satu orientasi tersebut lebih dominan dalam perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan dan implikasi konseling dan psikoterapi Islam terhadap SSA (Same Sexs Attraction), lesbian dan gay sebagai manifestasi pembentukan kesadaran orientasi heteroseksual. kemudian melihat dan mengetahui faktor penyebab terjadinya orientasi SSA dan perilaku homoseksual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif naturalistik dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi, dengan mengambil lima sampel dua orang dari pihak lembaga yang berposisi sebagai pengurus yayasan sekaligus konselor atau pendamping, dan tiga lainnya sebagai klien dengan perincian dua laki-laki satu perempuan. Dengan hasil penelitian (1) sebagai faktor penyebab perkembangan orientasi seksual klien sebagai SSA, lesbian dan gay menggambarkan kepada faktor lingkungan sekitar klien sebagai faktor utama yang mendominasi terbentuknya orientasi seksual yang di miliki klien. (2) penerapan layanan menunjukan bahwa proses konseling atau terapi berperan bukan untuk merubah orientasi seksual non-heteroseksual klien, akan tetapi bagaimana seorang klien dengan orientasi seksual non-heteroseksual tersebut diarahkan dan bimbing bagaimana tetap berjalan di jalan yang diridhoi Allah SWT. Dengan menggunakan tahap-tahap PR (Pekerjaan Rumah) dengan proses tahap-tahapan PR tersebut dipandang dapat membantu klien menyadari akan orientasi seksualnya bukan sebagai kelainan jiwa akan tetapi sebagai ujian dari Allah, dan dapat merubahnya. (3) Implikasinya terhadap klien adalah sebagai alat pengontrol sekaligus jalan dan cara klien untuk menumbuhkan kesadaran atas orientasi seksual klien dan menjadi respon terhadap perubahan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani M.A.
Uncontrolled Keywords: Konseling dan Psikoterapi Islam, Kesadaran Heteroseksual, Lesbian, Gay
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Oct 2017 13:18
Last Modified: 26 Oct 2017 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum