HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA LATAR BELAKANG BUDAYA DAN JENIS KELAMIN DENGAN SIKAP TAKZIM SISWA KEPADA GURU DI MAN YOGYAKARTA 3

AL RIZA AYURINANDA, NIM. 1520310014 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA LATAR BELAKANG BUDAYA DAN JENIS KELAMIN DENGAN SIKAP TAKZIM SISWA KEPADA GURU DI MAN YOGYAKARTA 3. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA LATAR BELAKANG BUDAYA DAN JENIS KELAMIN DENGAN SIKAP TAKZIM SISWA KEPADA GURU DI MAN YOGYAKARTA 3)
1520310014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA LATAR BELAKANG BUDAYA DAN JENIS KELAMIN DENGAN SIKAP TAKZIM SISWA KEPADA GURU DI MAN YOGYAKARTA 3)
1520310014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Al Riza Ayu Rinanda, 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Latar Belakang Budaya dan Jenis Kelamin dengan Sikap Takzim Siswa Kepada Guru di MAN Yogyakarta 3. Tesis. Program Studi Interdisiplinary Islamic Studies Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: Dr. Imas Kania Rahman, M.Pd.I Latar belakang dari penelitian ini berawal dari pandangan beberapa tokoh pendidikan Islam bahwa seorang siswa harus menunjukkan sikap takzim terhadap guru yang sudah memberikan ilmu dan pengetahuan kepada siswa. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua latar belakang budaya dan jenis kelamin dengan sikap takzim siswa kepada guru. Penelitian dilakukan di MAN Yogyakarta 3. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa, terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa yang dikendalikan oleh latar belakang budaya, dan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa yang dikendalikan oleh jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Yogyakarta 3 yang berjumlah 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 142 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala dan observasi untuk mencari data pendukung. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa sebesar 0, 459. Terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa yang dikendalikan oleh latar belakang budaya naik menjadi 0, 462. Dan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa yang dikendalikan oleh jenis kelamin naik secara signifikan menjadi 0, 506. Sehingga diketahui bahwa variabel latar belakang budaya dan jenis kelamin sebagai variabel moderator mampu memperkuat hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap takzim siswa, karena hubungan pola asuh orang tua dengan sikap takzim nilai korelasinya semakin meningkat setelah dikendalikan oleh variabel latar belakang budaya dan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Latar Belakang Budaya, Sikap Takzim Siswa
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Oct 2017 13:30
Last Modified: 26 Oct 2017 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27866

Actions (login required)

View Item View Item