PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN ICSR TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DI KAWASAN ARAB TELUK

MUHAMMAD MUHAJIR AMINY, SEI, NIM. 1520310020 (2017) PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN ICSR TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DI KAWASAN ARAB TELUK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN ICSR TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DI KAWASAN ARAB TELUK)
1520310020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN ICSR TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DI KAWASAN ARAB TELUK)
1520310020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Membeli saham syariah di pasar modal adalah salah satu alternatif investasi dalam sektor keuangan syariah. Saham bank syariah menjadi salah satu saham yang cukup menarik, karena secara global belum banyak bank syariah yang menerbitkan sahamnya di pasar modal, termasuk di Indonesia. Hingga saat ini, mayoritas saham bank syariah berada di negara-negara yang tergabung sebagai Kawasan Arab Teluk (GCC Countries). Kawasan Arab Teluk (GCC Countries) adalah negara-negara Arab yang tergabung dalam organisasi politik regional yang berada di sekitar teluk persia. Negara-negara tersebut adalah : Bahrain, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA). Indikator profitabilitas (ROA dan ROE) merupakan indikator penting dalam menilai saham bank syariah, sementara Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) merupakan bentuk CSR perusahaan yang berlandaskan pada Al-Qur‟an dan As-Sunnah. ICSR yang dimaksud dalam penelitian ini adalah zakat yang dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan ICSR (zakat) yang dikeluarkan oleh bank syariah terhadap harga sahamnya. Ada tiga hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu : ROA memiliki pengaruh positif signifikan terhadap harga saham bank syariah, ROE memiliki pengaruh positif signifikan terhadap harga saham bank syariah, dan ICSR (zakat) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap harga saham bank syariah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional, yaitu penelitian untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yang digunakan. Teknik analisisnya menggunakan analisis regresi data panel (pooled data) yang menggabungkan antara data time series dengan cross section. Sampel penelitian adalah 10 bank syariah di Kawasan Arab Teluk selama periode 2011–2015. Data diperoleh dari laporan keuangan masing-masing bank syariah yang dijadikan sampel dalam penelitian. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, pemodelan terbaik adalah menggunakan Fixed Effect Model (FEM). Tingkat signifikansi (α) ditentukan sebesar 5% atau 0.05. Pada uji simultan ditemukan bahwa ROA, ROE, dan ICSR (zakat) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham bank syariah di kawasan tersebut dengan nilai Prob F = 0.0120 dan tingkat kontribusi pengaruh sebesar 94.42%. Sementara pada uji parsial menunjukkan hasil yang bervariasi. Secara parsial ROA memiliki pengaruh negatif signifikan dengan nilai Prob t = 0.005 dan angka koefisien regresi = -3.68817, ROE memiliki pengaruh positif signifikan dengan nilai Prob t = 0.001 dan angka koefisien regresi = 0.6939338, dan ICSR (zakat) tidak memiliki pengaruh dengan nilai Prob t = 0.581.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag Dr. Ibnu Muhdir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: saham bank syariah, ROA, ROE, ICSR, zakat, investasi
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Oct 2017 13:59
Last Modified: 26 Oct 2017 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum