USAHA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI DI DS.KALIWUNGU KEC.NGUNUT KAB.TULUNGAGUNG JAWA TIMUR

AFIA RAHMA, NIM. 10230022 (2017) USAHA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI DI DS.KALIWUNGU KEC.NGUNUT KAB.TULUNGAGUNG JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI DI DS.KALIWUNGU KEC.NGUNUT KAB.TULUNGAGUNG JAWA TIMUR)
10230022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (USAHA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI DI DS.KALIWUNGU KEC.NGUNUT KAB.TULUNGAGUNG JAWA TIMUR)
10230022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan ekonomi masyarakat merupakan usaha yang dilakukan untuk melepaskan masyarakat dari belenggu kemiskinan. Dalam hal ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dapat melakukan suatu usaha dalam bidang peternakan, salah satunya peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha penggemukan ternak sapi yang di lakukan oleh kelompok usaha ternak lembu sura di Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penggemukan sapi dilakukan dengan inovasi pada pakan yang diberikan pada hewan ternak. Pakan yang diberikan merupakan pakan yang sudah difermentasi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana usaha yang dilakukan oleh kelompok usaha ternak lembu sura dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan bagaimana hasil yang dicapai oleh kelompok usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis data yg dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan metode yang digunakan deskriptif kualitatif, penggumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha penggemukan ternak sapi memiliki bentuk usaha diantaranya: 1) memperkuat permodalan. 2) meningkatkan manajemen usaha kelompok. 3)meningkatkan sumberdaya manusia. 4) memperluas pemasaran. Pemeliharaan dan pengelolaan ternak serta inovasi dalam pakan fermentasi. Hasil yang dicapai oleh anggota kelompok: perekonomian anggota meningkat, skill peternak meningkat, sumber daya manusia yang semakin baik, penggunaan pakan fermentasi, serta terbentuknya koprasi dalam kelompok ternak Lembu Sura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: peningkatan ekonomi, usaha, penggemukan ternak.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Oct 2017 15:35
Last Modified: 26 Oct 2017 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item