PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN ARLOJI KAYU DI DESA PERENG, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN

BOBBY APRIANSAH, NIM. 10230038 (2017) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN ARLOJI KAYU DI DESA PERENG, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN ARLOJI KAYU DI DESA PERENG, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN)
10230038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN ARLOJI KAYU DI DESA PERENG, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN)
10230038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi masyarakat dan dampaknya melalui usaha kerajinan arloji kayu di Desa Pereng Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kemudian, teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua, yaitu primer dan sekunder. Sumber primer, adalah hasil wawancara kepada empat narasumber. Sumber sekunder, adalah hasil obervasi dan dokumentasi—berupa catatan lapangan, buku, jurnal, majalah, dan lainnya yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat dikategorikan ke dalam tiga hal, yaitu penyadaran, peningkatan kapasitas, dan hasil produk kerajinan arloji. Dan, dampak dari pemberdayaan ekonomi masyarakat ini dapat dilihat, antara lain terwujudnya semangat gotong royong (guyub), terjalin kerjasama, dan peningkatan ekonomi masyarakat. Dari hasil yang ada pada penelitian tentu masih banyak kekurangan, maka perlu menggali kembali informasi yang mendalam sesuai dengan kajian dan minat pada penelitian sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifai, M.S.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Kerajinan, dan Arloji Kayu.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:18
Last Modified: 27 Oct 2017 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item