BIMBINGAN KONSELING RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HARDINESS SISWA MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

ABDUL HALIM, NIM. 1520310056 (2017) BIMBINGAN KONSELING RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HARDINESS SISWA MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HARDINESS SISWA MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
1520310056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HARDINESS SISWA MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
1520310056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi siswa di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mempunyai self efficacy dan hardiness rendah, terutama pada siswa yang baru masuk di MTs Ali Maksum, dimana sumber dari dua aspek tersebut berasal dari dalam diri, keluarga, dan dari lingkungan. Self efficacy adalah keyakinan yang melekat pada seseorang terhadap kemampuan atau potensi yang dimilikinya untuk membentuk perilaku yang relevan pada tugas atau situasi khusus, yang dibentuk dari cara pandang atau cara berfikir terhadap suatu peristiwa. Sedangkan Hardiness adalah konsep kepribadian yang tabah dalam menghadapi masalah-masalah yang dialaminya serta mempunyai kontrol terhadap apa yang akan terjadi, mempunyai tujuan atau kontrol untuk meraih tujuan tertentu, dan selalu siap menghadapi suatu tantangan. Melalui pemberian bimbingan konseling religius diharapkan bisa meningkatkan self efficacy dan hardiness dalam diri siswa MTs Ali Maksum. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana layanan bimbingan konseling religius dalam meningkatkatkan self efficacy dan hardiness siswa di MTs Ali Maksum Krapyak. Adapun jenis penelitian ini adalah menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Naturalistik, pendekatan ini dianggap relevan karena sifatnya yang alamiah dan menghendaki keutuhan, disamping diharapkan memperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dan fakta yang relevan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling religius dalam meningkatkan self efficacy dan hardiness siswa di MTs Ali Maksum berjalan dengan baik, mulai dari pelaksanaan bimbingannya berlangsung secara aktif, efektif dan kondusif. Adapun proses yang dilakukan dalam bimbingan konseling religius dalam meningkatkan self efficacy dan hardiness siswa yaitu dengan mengadakan perencanaan, pelaksanaan, konseling perorangan, konseling kelompok, evaluasi kegiatan, tindak lanjut (follow up).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Religius, Self Efficacy, dan Hardiness
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Oct 2017 10:00
Last Modified: 27 Oct 2017 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum