DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT ANAK DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

MUHAMMAD ALIM KAHFI, SPDI, NIM. 1320431013 (2017) DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT ANAK DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT ANAK DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1320431013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT ANAK DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1320431013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Masih sering ditemukan pola asuh, pendidikan oleh orang tua dan sekolah terhadap anak-anak dilaksanakan dengan cara memanjakannya. Mereka lupa bahwa pola asuh dan pendidikan dengan memanjakan anak (spoiling) adalah merusak atau membuat anak tidak berdaya. Akibatnya masih banyak anak kita yang sudah dewasa bahkan sudah sarjana ketika dihadapkan pada masalah yang sangat sederhana tidak mampu mereka atasi dan masih meminta bantuan orang lain terutama pada kedua orangtuanya. Kemunculan kurikulum 2013 PAUD bisa menjadi angin segar bagi lembaga PAUD, meskipun tidak banyak ditemukan perubahan secara signifikan. Penelitian ini membahas bagaimana dimensi kecerdasan AQ dalam Kurikulum 2013 PAUD, bagaimana implementasi kurikulum 2013 PAUD dan bagaimana dampak implementasi kurikulum 2013 PAUD di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan obyek penelitian TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan validitas/keabsahan data yang diperoleh di uji melalui beberapa teknik validitas data yaitu: bahan referensi, triangulasi dan member check. Adapun pengolahan data penelitian ini dengan teknik analisis dan deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Ditemukan spirit dalam muatan kurikulum 2013 PAUD yang dapat meningkatkan kecerdasan AQ anak usia dini kategori climber (pendaki), hal tersebut dapat dilihat pada: struktur kurikulum 2013 PAUD, sistem pembelajaran kurikulum 2013 PAUD dengan pendekatan saintifik dan penilaian kurikulum 2013 PAUD dengan model penilaian otentik. Kedua, TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 PAUD pada tahun 2016 dan ditunjukkan dengan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi/ penilaian program kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Ketiga, Dampak Implementasi Kurikulum 2013 PAUD terhadap Kecerdasan AQ Anak di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, memberikan dorongan dan peningkatan siswa lebih mandiri dan terbiasa menyelesaikan masalah dibandingkan dengan hasil penerapan kurikulum 2009 PAUD. Kemampuan yang ditemukan adalah (1) kemandirian anak, (2) kepercayaan diri, (3) rasa ingin tahu, (4) berdaya tahan tinggi, (5) motivasi meraih cita-cita yang tinggi, (6) semangat berkarya, (7) kondisi ceria dan penuh kegembiraan, (8) kesehatan emosional

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Adversity Quotient (AQ), Kurikulum 2013 PAUD, Pendekatan saintifik, Penilaian Otentik.
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Oct 2017 09:20
Last Modified: 27 Oct 2017 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item