STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAGI SISWA DIFABEL TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Azhar Rahmanto, NIM. 13410119 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAGI SISWA DIFABEL TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAGI SISWA DIFABEL TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA)
13410119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAGI SISWA DIFABEL TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA)
13410119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

AZHAR RAHMANTO. Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Bagi Siswa Difabel Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar Belakang penelitian ini adalah, strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu proses pembelajaran. Dengan gangguan yang dimilik tentu diperlukan strategi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa tunalaras. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui strategi pembelajaran guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar bagi siswa difabel tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SLB E Prayuwana Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, guru kelas, kepala sekolah, dan siswa tunalaras SLB E Prayuwana Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Untuk mengolah data menggunakan 4 komponen kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik minat belajar siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta pada umumnya cukup rendah, hal ini dilihat dari yang pertama, Siswa tidak memiliki perasaan senang terhadap apa yang diajarkan oleh guru, kedua, Siswa tidak memiliki perhatian terhadap apa yang diajarkan oleh guru, ketiga, Siswa tidak memiliki kemauan dalam diri untuk memperdalam apa yang telah diajarkan oleh guru, (2) strategi pembelajaran dan pendekatan yang digunakan oleh guru PAI untuk menumbuhkan minat belajar pada siswa tunalaras di SLB E Prayuwanwa Yogyakarta adalah dengan pendekatan behavioristik, psikodinamis, dan ekologis, kemudian dengan strategi pembelajaran individual, strategi pembelajaran PAIKEM dan CTL, adanya penyesuaian dengan adanya pengelompokan jam pelajaran, pemberian reward dan punishment, kerjasama dengan guru kelas. (3) Faktor penghambat dalam menumbuhkan minat belajar adalah: Terdapat gangguan fisik atau kesehatan, kurangnya motivasi belajar pada siswa. lingkungan keluarga siswa, lingkungan tempat belajar siswa, pengelompokan jam pelajaran, kesulitan dalam menghadapi karakteristik siswa yang berbeda-beda, kesulitan menentukan materi yang cocok untuk kejiwaan dan jenjang peserta didik, kesulitan untuk menentukan berbagai metode yang sesuai agar siswa tidak bosan. (4) Solusi untuk menumbuhkan minat belajar siswa tunalaras adalah peningkatan pengetahuan tentang kondisi dan kemampuan siswa, perubahan lingkungan belajar menjadi lebih baik, pengelompokan jam belajar yang lebih disesuaikan, pengembangan dan peningkatan kompetensi, kemampuan guru PAI, dan variasi strategi pembelajaran. Kata Kunci : Strategi Pembelajaan, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Tunalaras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaan, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Tunalaras
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:52
Last Modified: 30 Oct 2017 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum