INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs N 6 BANTUL

Melya Dwi Astuti, NIM. 13410126 (2017) INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs N 6 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs N 6 BANTUL)
13410126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs N 6 BANTUL)
13410126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MELYA DWI ASTUTI. Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 6 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru Pendidikan Agama Islam di MTs N 6 Bantul telah mendapatkan sertifikat pendidik. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut tentunya seorang guru telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) maupun pendidikan profesi guru. Idealnya guru yang telah mengikuti PLPG ataupun pendidikan profesi dapat mengembangkan kompetensi pedagogiknya terkait penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan. Beberapa guru di MTs N 6 Bantul telah melakukan inovasi strategi pembelajaran. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah mengapa inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu dilakukan dan bagaimana implementasi inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 6 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan bentuk-bentuk pelaksanaan inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 6 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs N 6 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 6 Bantul perlu dilakukan karena inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs N 6 Bantul perlu dilakukan karena memiliki peran penting dalam pembelajaran mengatasi kesulitan guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, mengatasi kebosanan siswa pada strategi yang konvensional, dan memberi kemudahan pada siswa dalam memahami materi pelajaran. Inovasi strategi yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah peta konsep, card sort, index card match, jigsaw learning, lempar bola, reading aloud, the power of two, dan gallery learning. Strategi tersebut merupakan strategi yang dikembangkan oleh Melvin L Silberman. Strategi tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Siswa mendapatkan hal baru dalam pembelajaran yang dapat mendorong untuk memperhatikan materi pelajaran sehingga siswa mudah untuk memahami materi pelajaran. Hasil penggunaan strategi inovatif tersebut ditunjukkan dengan nilai ujian akhir semester yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang mendapat nilai di bawah KKM hanya beberapa siswa saja. Kata Kunci: Inovasi, strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, MTs N 6 Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Inovasi, strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, MTs N 6 Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:58
Last Modified: 30 Oct 2017 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum