PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA METODE CONTRACTED GRAPH DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE (Studi Kasus: PDAM Gunungkidul wilayah Wiladeg dan Tunggul)

DANI NUR AFANDI, NIM. 12610019 (2017) PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA METODE CONTRACTED GRAPH DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE (Studi Kasus: PDAM Gunungkidul wilayah Wiladeg dan Tunggul). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA METODE CONTRACTED GRAPH DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE (Studi Kasus: PDAM Gunungkidul wilayah Wiladeg dan Tunggul))
12610019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA METODE CONTRACTED GRAPH DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE (Studi Kasus: PDAM Gunungkidul wilayah Wiladeg dan Tunggul))
12610019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan. Sebagian besar masyarakatnya memanfaatkan air yang disediakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani Gunungkidul. Tugas dari PDAM adalah menyediakan dan mendistribusikan air bagi warga masyarakat yang membutuhkan. Dalam hal pendistribusian air, jaringan pipa yang efisien sangat diperlukan, yaitu di mana setiap pelanggan yang membutuhkan air dapat terlayani dengan baik, namun dengan biaya pembangunan dan perawatan pipa saluran air yang minimal. Permasalahan pengotimalan jaringan pipa PDAM Gunungkidul, khususnya di wilayah Wiladeg dan Tunggul merupakan masalah pencarian Minimum Spanning Tree (MST). Data jaringan pipa tersebut digambarkan dalam suatu graf berbobot tak berarah di mana setiap simpulnya merepresentasikan cabang jaringan pipa, dan sisinya merepresentasikan panjang pipa antar cabang tersebut. Selanjutnya dicari MST menggunakan Algoritma Boruvka metode Contracted Graph, yaitu dengan memilih sisi yang berbobot minimum dari setiap simpul, selanjutnya simpul yang terhubung oleh sisi terpilih tersebut dikerutkan (contract). Langkah tersebut dilakukan secara berulang-ulang hingga tersisa satu simpul pada graf tersebut. Gabungan sisi-sisi berbobot minimum tersebut merupakan MST. Pencarian MST dilakukan dengan cara perhitungan manual maupun dengan program komputer berbasis Matlab R2013a. Ditemukan total pajang pipa efisien yaitu 33.539 meter, lebih kecil dari total panjang pipa awal yaitu 36.815 meter. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Algoritma Boruvka metode Contracted Graph dapat digunakan sebagai alternatif solusi optimal pada jaringan pipa PDAM.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Noor Saif Muhammad Mussafi, S.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Algoritma Boruvka, Contracted Graph, MATLAB, Minimum Spanning Tree (MST), PDAM Tirta Handayani Gunungkidul
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:55
Last Modified: 30 Oct 2017 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum