PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASTS KERAJINAN SABUT KELAPA:STUDI DI LEMBAGA KETRAMPILAN DAN PELATIHAN ANEKA KERAJINAN SABUT KELAPA (LKP AKAS) DI DESA RANTEWRINGIN

ITA LESTARININGSIH, NIM. 13230002 (2017) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASTS KERAJINAN SABUT KELAPA:STUDI DI LEMBAGA KETRAMPILAN DAN PELATIHAN ANEKA KERAJINAN SABUT KELAPA (LKP AKAS) DI DESA RANTEWRINGIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASTS KERAJINAN SABUT KELAPA:STUDI DI LEMBAGA KETRAMPILAN DAN PELATIHAN ANEKA KERAJINAN SABUT KELAPA (LKP AKAS) DI DESA RANTEWRINGIN)
13230002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASTS KERAJINAN SABUT KELAPA:STUDI DI LEMBAGA KETRAMPILAN DAN PELATIHAN ANEKA KERAJINAN SABUT KELAPA (LKP AKAS) DI DESA RANTEWRINGIN)
13230002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kerajinan sabut kelapa adalah kegiatan produksi yang memanfaatkan potensi juga mengasah kemampuan dan ketrampilan. Sabut kelapa di Desa Rantewringin diolah menjadi barang kerajinan yang memiliki manfaat dan nilai jual. Di Kabupaten Kebumen terdapat LKP AKAS yang melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis kerajinan sabut kelapa. Adanya produksi kerajinan sabut kelapa diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mensejahterakan kehidupannya. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan mengenai proses dan hasil pemberdayaan masyarakat berbasis kerajinan sabut kelapa di Desa Rantewringin Kebumen. Penelitian ini diakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan ditentukan berdasar kriteria-kriteria yang ditetapkan berdasarkan tujuan peneliti. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data yang didapatkan kemudian direduksi sesuai dengan keperluan penelitan dan kemudian disajikan, dan terakhir adalah menarik kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat berbasis kerajinan sabut kelapa melalui 6 proses yang meliputi, pertama proses penyadaran, dalam proses ini dilakukan dengan diskusi kepada masyarakat. Kedua proses identifikasi kebutuhan dan perencanaan, dalam proses ini dilakukan identifikasi terhadap potensi wilayah, potensi masyarakat sehingga dapat mendukung untuk perencanaan dalam pemilihan alternatif jenis produksi bagi masyarakat. Ketiga pelaksanaan, dalam proses ini diberikan dengan berbagai kegiatan seperti pelatihan dan pendampingan. Keempat proses pengembangan, dalam proses ini dilakukan dengan mempromosikan hasil produksi kerajinan dari masyarakat. Kelima evaluasi, proses ini dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan produksi kerajinan. Keenam terminasi, proses ini dilakukan untuk pengrajin yang mempunyai kemauan dari diri sendiri untuk berwirausaha secara mandiri. Hasil dari pemberdayaan masyarakat berbasis kerajinan sabut kelapa adalah masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, pengrajin juga mendapatkan penghasilan dari membuat kerajinan ini, dan melalui kegiatan ini masyarakat turut berpartisipasi dalam membangun desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, kerajinan sabut kelapa, partisipasi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:46
Last Modified: 30 Oct 2017 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27913

Actions (login required)

View Item View Item