PENERAPAN ALGORITMA BELLMAN-FORD MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB DALAM JARINGAN KOMPUTER

ACHMAD YUSRON ARIF, NIM.13610034 (2017) PENERAPAN ALGORITMA BELLMAN-FORD MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB DALAM JARINGAN KOMPUTER. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALGORITMA BELLMAN-FORD MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB DALAM JARINGAN KOMPUTER)
13610034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ALGORITMA BELLMAN-FORD MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB DALAM JARINGAN KOMPUTER)
13610034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mempunyai beberapa unit gedung yang saling terhubung dari titik pusat Kantor Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) dalam sebuah jaringan komputer yang sama. Dalam jaringan komputer dibutuhkan kabel sebagai sarana untuk menghubungkan jaringan dari satu gedung ke gedung lainnya. Saat ini metode yang digunakan untuk membuat jaringan komputer adalah menghubungkan dari kantor PTIPD ke 19 unit gedung lainnya di seluruh kampus UIN Sunan Kalijaga, sehingga memerlukan banyak kabel. Permasalahan jaringan ini dapat digambarkan dengan suatu graf yang merupakan masalah optimasi dalam menentukan jarak terpendek (panjang kabel) Minimum Spanning Tree. Untuk menentukan jarak terpendek ini digunakan Algoritma Bellman-Ford. Titik dalam graf sebagai gedung, dan sisi dalam graf sebagai kabel yang menghubungkan antar jaringan. Perhitungan dilakukan secara manual dan menggunakan program aplikasi berbasis web yang telah dibangun. Berdasarkan perhitungan baik secara manual maupun dengan program aplikasi didapat hasil panjang kabel yang diperlukan adalah 2.250 meter dibanding jarak sebelumnya yaitu 3.060 meter sehingga menghemat kabel sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Noor Saif Muhammad Mussafi
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Graf, Algoritma, Bellman Ford, Routing, Jaringan Komputer, Aplikasi Website, PHP, Javascript, CSS, Xampp.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:57
Last Modified: 30 Oct 2017 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum