PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN BAMBU DI DESA RIMPAK KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO

ERIKA KUSUMA YUDHA, NIM. 13230018 (2017) PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN BAMBU DI DESA RIMPAK KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN BAMBU DI DESA RIMPAK KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO)
13230018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN BAMBU DI DESA RIMPAK KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO)
13230018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penulis tertarik meneliti hal ini karena dengan adanya usaha kerajinan bambu rumahan ini masyarakat desa Rimpak selain dapat meningkatkan perekonomian juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat, karena pada saat ini kerajinan bambu diminati banyak masyarakat baik dalam maupun luar negeri sehingga dapat menjadi peluang usaha yang bagus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha kerajinan tangan anyaman bambu di Desa Rimpak Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya masyarakat di Desa Rimpak Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo melalui kerajinan tanaman bambu. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan Trianggulasi data. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan tentang pemberdayaan masyarakat melalui usaha kerajinan tangan Anyaman Bambu terhadap peningkatan ekonomi keluarga, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Upaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha kerajinan tangan Anyaman Bambu yaitu menambah pendapatan ekonomi dengan mencukupi kebutuhan keluarga dan mampu membiayai sekolah anak atau cucunya. Selain itu juga masyarakat menjadi berkembang dalam segi kreatif dan terampil dalam mendesain dan menciptakan produk lokal dengan mengedepankan bahan alami yang ramah lingkungan. Dengan adanya kerajinan tangan Anyaman Bambu memotivasi masyarakat untuk berpikir ke arah yang lebih maju, selain itu juga merubah gaya hidup mereka yang awalnya belum memiliki kendaraan sehingga memudahkan mereka dalam beraktifitas sehari-hari. Faktor pendukungnya antara lain: sumber daya manusia, masyarakat sekitar yang mendukung, pemerintah, dan letak geografis. Selain itu juga ada faktor penghambat dalam pemberdayaan masyarakat melalui usaha kerajinan tangan Anyaman Bambu, yaitu antara lain: kesulitan bahan baku pohon bambu, pemasaran dan keterbatasan modal. Dengan adanya berbagai penghambat tersebut, langkah yang dilakukan pengelola yang selalu eksis harus mampu menyiasati dan melakukan pembaharuan, dan memberikan solusi pada hambatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Afif Rifa’i, M.S.,
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Ekonomi, Kerajinan Tangan Anyaman Bambu, Rimpak Sapuran Wonosobo
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2017 10:07
Last Modified: 30 Oct 2017 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum