PENGARUH ANALISIS KEUANGAN MULTI DIMENSIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA

ADINDA PUSPASARI, SESY, NIM. 1520311005 (2017) PENGARUH ANALISIS KEUANGAN MULTI DIMENSIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ANALISIS KEUANGAN MULTI DIMENSIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA)
1520311005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ANALISIS KEUANGAN MULTI DIMENSIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA)
1520311005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh analisis multi dimensional bank syariah terhadap kinerja keuangan. Corporate social responsibility (CSR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Pemasaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai variabel bebas terhadap kinerja keuangan yang diukur denagan Return on Assets (ROA) sebagai variabel terikatnya. Penelitian ini juga menggambarkan, membandingkan dan menjelaskan pengeluaran keuangan bank syariah di Indonesia sehubungan dengan CSR, pemasaran dan SDM untuk jangka waktu lima tahun, dimulai dari 2012 sampai tahun 2016. Obyek penelitian ini bank umum syariah, di antaranya: Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS), Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Mega Syariah (BMS) dan Bank Syariah Bukopin (BSB). Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan uji statistik yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh secara simultan pada variabel CSR, DPK, pemasaran dan SDM terhadap ROA dengan nilai probabilitas 0,04. Hasil penelitian ini juga menunjukan secara parsial variabel CSR, beban iklan dan gaji berpengaruh signifikan terhadap ROA. Sedangkan variabel DPK tidak berpengaruh terhadap ROA. Hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,442 artinya DPK, CSR, beban iklan dan gaji berpengaruh terhadap ROA sebesar 44,2%, sedangkan sisanya sebesar 55,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian terkait dengan analisis multi dimensional bank syariah di Indonesia, mengungkapkan bahwa BSM mengalami grafik kenaikan pada parameter CSR, DPK dan gaji, kemudian mengalami grafik penurunan pada beban iklan dan ROA. BNIS mengalami grafik kenaikan pada parameter CSR, DPK, beban iklan dan ROA, tetapi mengalami grafik penurunan pada gaji. BRIS mengalami grafik kenaikan pada CSR, DPK, beban iklan dan gaji, akan tetapi mengalami grafik penurunan pada ROA. BMI mengalami grafik kenaikan pada CSR, DPK dan gaji, akan tetapi mengalami grafik penurunan pada beban iklan dan ROA. BMS mengalami grafik kenaikan pada CSR, akan tetapi mengalami grafik penurunan pada DPK, beban iklan, gaji dan ROA. BSB mengalami grafik kenaikan pada DPK, beban iklan, gaji dan ROA, akan tetapi mengalami grafik penurunan pada CSR.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Slamet Haryono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Multi Dimensional, Corporate Social Responsibility, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Kinerja Keuangan, Return on Assets
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 10:00
Last Modified: 30 Oct 2017 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum