EFEKTIFITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUS BRIEF THERAPY (SFBT) GUNA MENINGKATKAN REGULASI DIRI MAHASISWA PROKRASTINASI DI STAIS MAJENANG

FRENDI FERNANDO, NIM. 1520311015 (2017) EFEKTIFITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUS BRIEF THERAPY (SFBT) GUNA MENINGKATKAN REGULASI DIRI MAHASISWA PROKRASTINASI DI STAIS MAJENANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUS BRIEF THERAPY (SFBT) GUNA MENINGKATKAN REGULASI DIRI MAHASISWA PROKRASTINASI DI STAIS MAJENANG)
1520311015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUS BRIEF THERAPY (SFBT) GUNA MENINGKATKAN REGULASI DIRI MAHASISWA PROKRASTINASI DI STAIS MAJENANG)
1520311015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas bimbingan dan konseling Islam solution focus brief therapy guna meningkatkan regulasi diri mahasiswa prokrastinasi di STAIS Majenang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala regulasi diri, skala prokrastinasi, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed methods dengan menggunakan metode quasi eksperiment non equivalent pre test and post test two group design. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 35 mahasiswa (semester IV dan VI) STAIS Majenang. Sampel dibagi kedalam dua kelompok, yaitu 18 mahasiswa untuk kelompok eksperimen dan 17 mahasiswa untuk kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah T-test diantaranya paired sampel T-test untuk menghitung perbedaan pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan independent sample Ttest digunakan untuk menguji post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan tingkat regulasi diri sebelum diberikan treatment, kelompok eksperimen berada pada skor rata-rata 62,18 dan kelompok kontrol berada dirata-rata 59,18. Setelah diberikan treatment, tingkat regulasi diri kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata 96,88, terjadi peningkatan yang cukup signifikan yakni rata-rata sebanyak 34,7. Berbeda dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment, skor rata-rata setelah post test hanya mencapai 59,59, artinya tidak ada peningkatan atau perubahan yang berarti antara post test dan pre test pada kelompok kontrol. Tingkat prokrastinasi sebelum diberikan treatment, kelompok eksperimen berada pada skor rata-rata 74,88, kelompok kontrol berada dirata-rata 78,35. Setelah diberikan treatment, kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata 58,71, terjadi penurunan yang cukup signifikan yakni rata-rata sebanyak 15,97. Berbeda dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment, skor rata-ratanya masih diangka 77,94, artinya tidak ada penurunan atau perubahan kondisi yang berarti antara post test dan pre test pada kelompok kontrol. Berdasarkan uji hipotesis regulasi diri pada kelompok eksperimen menggunakan uji statistik Mann Whitney Wilcoxon diketahui bahwa hasil dari Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 0,05 dan Z -3.623a. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan skor regulasi diri antara pre test dan post test pada kelompok eksperimen. Begitu juga yang terjadi pada aspek prokrastinasi, berdasarkan out put pada kelompok eksperimen, diketahui bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 0,05 dan Z -3.622a. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan skor prokrastinasi antara pre test dan post test pada kelompok eksperimen. Dengan kata lain, bimbingan dan konseling Islam solution focus brief therapy efektif dalam meningkatkan regulasi diri mahasiswa prokrastinasi di STAIS Majenang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Prokrastinasi, Bimbingan dan Konseling Islam, Solution Focus Brief Therapy.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:04
Last Modified: 30 Oct 2017 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27933

Actions (login required)

View Item View Item