KONTRIBUSI INDUSTRI GENTENG SOKKA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT STUDI: DESA KUWAYUHAN, PEJAGOAN, KEBUMEN

ANGGIT FUADI, NIM. 13230042 (2017) KONTRIBUSI INDUSTRI GENTENG SOKKA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT STUDI: DESA KUWAYUHAN, PEJAGOAN, KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI INDUSTRI GENTENG SOKKA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT STUDI: DESA KUWAYUHAN, PEJAGOAN, KEBUMEN)
13230042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI INDUSTRI GENTENG SOKKA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT STUDI: DESA KUWAYUHAN, PEJAGOAN, KEBUMEN)
13230042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah tentang kontribusi yang diberikan oleh industri Genteng Sokka yang tersebar di Desa Kuwayuhan Kebumen. Desa ini menjadi sentra industri Genteng Sokka, industri genteng menarik pekerja dalam jumlah banyak. Industri tetap eksis dari zaman Belanda hingga saat ini dan masih dipercaya oleh sebagian besar penduduk untuk menggantungkan perekonomiannya. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah bagaimana kontribusi industri Genteng Sokka terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Desa Kuwayuhan dan sekitarnya. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena dengan metode ini peneliti bisa berinteraksi langsung dalam jangka waktu yang lama dan mendalam dengan kehidupan para pengrajin genteng beserta lingkungannya. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori pertumbuhan ekonomi dari Adam Smith. Berdasarkan data lapangan yang peneliti dapatkan, industri genteng membuka lapangan pekerjaan bagi banyak warga Kuwayuhan dan sekitarnya di samping pekerjaan mereka sebagai petani dan dagang. Mereka mendapatkan penghasilan dari industri genteng sehingga bisa menyekolahkan anak-anak dan juga memperbaiki rumah serta memiliki kendaraan. Dengan bekerja di pabrik genteng, mereka memiliki keterampilan dalam mengolah genteng dan juga jaringan pemasaran genteng yang luas. Keberadaan industri ini didukung oleh sumber daya alam dan juga penduduk sebagai sumber daya manusianya. Proses perekonomian di desa terjadi dengan dipengaruhi oleh modal sosial yang kuat di desa. Modal sosial ini banyak memberi perngaruh terhadap keberlanjutan industri genteng. Selain itu kontrak politik dengan pemerintah dilakukan untuk menjaga eksistensi industri genteng, yaitu setiap program pemerintah yang membutuhkan genteng harus menggunakan Genteng Sokka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.H.Moh. Abu Suhud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, sumber daya alam, sumber daya manusia, industri skala desa, modal sosial.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2017 10:21
Last Modified: 30 Oct 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27943

Actions (login required)

View Item View Item