UPAYA PENINGKATAN PRAKTIK TATA CARA SHALAT UNTUK MAHASISWA TULI MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN BERBASIS BISINDO DI PLD UIN SUNAN KALIJAGA

Achmad Siddicq, NIM: 13410171 (2017) UPAYA PENINGKATAN PRAKTIK TATA CARA SHALAT UNTUK MAHASISWA TULI MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN BERBASIS BISINDO DI PLD UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRAKTIK TATA CARA SHALAT UNTUK MAHASISWA TULI MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN BERBASIS BISINDO DI PLD UIN SUNAN KALIJAGA)
13410171_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRAKTIK TATA CARA SHALAT UNTUK MAHASISWA TULI MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN BERBASIS BISINDO DI PLD UIN SUNAN KALIJAGA)
13410171_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Achmad Siddicq. Upaya Peningkatan Pemahaman Tata Cara Shalat Untuk Mahasiswa Tuli Melalui Program Keagamaan Berbasis BISINDO di PLD UIN Sunan Kalijaga. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2017 Mahasiswa Tuli memiliki hambatan dalam hal pendengaran serta berbicara. Hal ini menyebabkan mereka memiliki keringanan untuk tidak melafalkannya, melainkan dengan memvisualisasikan bacaan shalat ke dalam BISINDO. Namun dari hasil wawancara ternyata hal ini tidak dipahami mahasiswa tuli yang ada di PLD UIN Sunan Kalijaga. Padahal pengetahuan tentang peribadahan dasar ini adalah hak dasar yang harus dipenuhi oleh setiap orang muslim. Permasalahan seperti ini tidak cukup hanya dengan mendeskripsikan secara kualitatif saja, namun perlu sebuah tindakan yang harus diambil dengan membuat program khusus keagamaan. Artinya peneliti tidak hanya melakukan observasi saja terkait masalah ada, namun peneliti harus bertindak untuk mengubah kondisi masalah yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat program khusus keagamaan untuk mahasiswa Tuli berbasis BISINDO yang fokus membahas mengenai tata cara shalat. Sehingga mahasiswa Tuli di UIN Sunan Kalijaga bisa melaksanakan shalat dengan tata cara yang adaptif untuk Tuli. Pelaksanaan program agama ini berjalan sebanyak empat kali siklus dengan empat subjek mahasiswa Tuli. Secara umum program ini berjalan mulai tanggal 4 Mei 2017 hingga 30 Mei 2017 bertempat di kantor PLD UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini membuktikan bahwa semangat mahasiswa Tuli dalam mempelajari agama begitu tinggi, namun tidak terfasilitasi dengan baik. Kemudian penggunaan bahasa isyarat dalam segi materi dan strategi pembelajaran terbukti efektif untuk mahasiswa Tuli. Selain itu program ini dapat mempengaruhi tata cara shalat mahasiswa Tuli dalam kehidupan sehari-hari. Karena keberhasilan program ini maka PLD membuat program keagamaan ini menjadi program rutin untuk mahasiswa Tuli pada semester berikutnya. Kata kunci: Fiqh, Tuli, BISINDO, Tata cara Shalat, pembelajaran adapt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Fiqh, Tuli, BISINDO, Tata cara Shalat, pembelajaran adapt
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:14
Last Modified: 20 Nov 2017 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum