PERBANDINGAN TINGKAT YIELD TO MATURITY (YTM) DAN PERINGKAT SUKUK (RATING) PADA SUKUK IJĀRAH DAN SUKUK MUḌĀRABAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2016

DUNYATI ILMIAH, SEI, NIM. 1520311074 (2017) PERBANDINGAN TINGKAT YIELD TO MATURITY (YTM) DAN PERINGKAT SUKUK (RATING) PADA SUKUK IJĀRAH DAN SUKUK MUḌĀRABAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2016. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN TINGKAT YIELD TO MATURITY (YTM) DAN PERINGKAT SUKUK (RATING) PADA SUKUK IJĀRAH DAN SUKUK MUḌĀRABAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2016)
1520311074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN TINGKAT YIELD TO MATURITY (YTM) DAN PERINGKAT SUKUK (RATING) PADA SUKUK IJĀRAH DAN SUKUK MUḌĀRABAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2016)
1520311074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dunyati Ilmiah: Perbandingan Tingkat Yield to Maturity (YTM) dan Peringkat Sukuk (Rating) Pada Sukuk Ijārah dan Sukuk Muḍārabah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016. Yield to Maturity merupakan tingkat keuntungan yang ditawarkan dengan membeli surat berharga berupa sukuk ijārah atau sukuk muḍārabah, dengan tujuan untuk menginvestasikan dananya saat ini dan akan diterima ketika sudah jatuh tempo dengan ketentuan tingkat keuntungan pada masing-masing akad. Mengenai risiko pada investasi sukuk, bisa dilihat dari peringkat sukuk (rating) yaitu mencerminkan keadaan perusahaan penerbit sukuk dan setiap investor dapat menilai tingkat kelayakan bisnis usaha sebuah emiten, sekaligus dapat menilai tingkat risiko yang timbul dari investasi. Rating tersebut menujukkan tingkat risiko perusahaan, dan memberikan gambaran kepada calon pembeli sukuk mengenai kemungkinan risiko perusahaan. Yield to maturity dan rating memiliki keterkaitan mengenai pertimbangan investor sebelum memutuskan investasi yaitu return dan risk pada sukuk ijārah dan sukuk muḍārabah. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan antara Yield to Maturity pada sukuk ijārah dan sukuk muḍārabah, adakah perbedaan antara rating pada sukuk ijārah dan sukuk muḍārabah. Populasi penelitian ini adalah sukuk ijārah dan sukuk muḍārabah yang memiliki rating pada tahun 2011-2016 dari PT. Pefindo, sampel yang digunakan sebanyak 42 data observasi. Data mengenai peringkat diperoleh dari PT. Pefindo. Data sekunder yang lain berasal dari Indonesian Bond Pricing Agency (IBPA). Analisis data menggunakan alat Uji-t untuk menentukan dua sampel yang tidak berhubungan memiliki nilai rata-rata yang berbeda. Hasil pengujian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara yield sukuk ijārah dan sukuk muḍārabah berdasarkan yield to maturity dan tidak terdapat perbedaan signifikan antara peringkat sukuk ijārah dan sukuk muḍārabah berdasarkan rating.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Yield to Maturity dan Rating, Sukuk Ijārah dan Sukuk Muḍārabah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 10:41
Last Modified: 30 Oct 2017 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27954

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum