PESAN KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB (Analisis Semiotik Tokoh Umar bin Khattab Dalam Film “Omar” Episode 22-24)

Nurul Hidayanto, NIM. 10210050 (2017) PESAN KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB (Analisis Semiotik Tokoh Umar bin Khattab Dalam Film “Omar” Episode 22-24). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB (Analisis Semiotik Tokoh Umar bin Khattab Dalam Film “Omar” Episode 22-24))
10210050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PESAN KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB (Analisis Semiotik Tokoh Umar bin Khattab Dalam Film “Omar” Episode 22-24))
10210050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Film Omar merupakan film serial. Film omar merupakan karya filmyang melibatkan penulis drama terkenal Walid Saif dan Hatem Ali. Film mengisahkan sejarah kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab. Khaifah Umar bin Khattab merupakan seorang pemimpin yang disegani oleh rakyatnya karena kebijakannya. Penelitian ini mengambil judul : “Pesan Kepemimpinan Umar bin Khattab (Analisis Semiotik Tokoh Umar bin Khattab dalam film Omar episode 22-24). Peneliti berusaha memahami adanya pesan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh tokoh Umar bin Khattab berdasarkan kajian semiotik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pesan kepemimpinan Umar bin Khattab dalam film Omar episode 22-24?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pesan kepemimpinan yang dilakukan tokoh Umar bin Khattab dalam film Omar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (Conten Analisis) melalui kajian semiotika sebagai pisau analisisnya. Teknik analisis data menggunakan teori semiotika model Roland Barthes. Berbagai tanda dan simbol dalam film Omar episode 22-24 diterjemahkan melalui analisa double signifikasi versi Barthes, yakni signifikasi tahap denotasi dan konotasi. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan dalam islam Khalifah Umar bin Khattab meliputi adil dan jujur, bijaksana dalam menghadapi masalah, perpandangan luas serta tidak fanatik, berjiwa integrasi berwibawa dan disegani dan lebih mementingkan kepentingan umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Kholili, M.S.i
Uncontrolled Keywords: Pesan Kepemimpinan, Film Omar episode 22-24, Semiotika Roland Barthes.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 11:04
Last Modified: 30 Oct 2017 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum