BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

TAMI PRATIWI NIM: 04220048, (2009) BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (183kB)

Abstract

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan dalam bidang bimbingan penyuluhan Islam terutama dalam membimbing moralitas anak serta diharapkan untuk menjadi referensi maupun bahan acuan bagi para pembimbing dan lembaga-lembaga yang berhubungan dengan metode bimbingan kecerdasan moral pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan cara pembimbing dalam mengarahkan anak usia 4-6 tahun untuk dapat membedakan antara baik dan buruk. Subyek dari penelitian ini adalah 5 orang pembimbing (guru) diantaranya yaitu 1 orang pembimbing (guru) sebagai koordinator kelas (wali kelas) juga merangkap menjadi guru (pembimbing) dan 4 orang lainnya menjadi guru (pembimbing) sedangkan obyek dari penelitian ini adalah pemahaman para pembimbing tentang kecerdasan moral dan cara (metode) pembimbing dalam mengarahkan anak usia 4-6 tahun untuk dapat membedakan antara baik dan buruk. Metode pengumpulan data dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi metode, sedangkan analisa data dengan menggunakan data kualitatif yang bersifat non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman para pembimbing tentang kecerdasan moral didasari oleh 4 hal yaitu pengertian pemahaman, kecerdasan moral, tujuan pemahaman kecerdasan moral, pelaksanaan kecerdasan moral dan bentuk-bentuk kecerdasan moral. Sedangkan cara pembimbing dalam mengarahkan anak usia 4-6 tahun untuk dapat membedakan antara baik dan buruk yaitu diantaranya dengan memberikan contoh atau teladan yang baik dalam berperilaku dan bertutur kata, menanamkan kedisiplinan pada anak, mengembangkan wawasan tentang nilai-nilai moral, dialog, dengan tanya jawab, penguatan/penegasan, dan dengan memberikan model pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Casmini, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan kecerdasan moral.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 17:06
Last Modified: 29 Dec 2016 03:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item