PENGARUH BUDAYA JUMAT MENGAJI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zeka Gehanusa Ibnu, NIM. 13410178 (2017) PENGARUH BUDAYA JUMAT MENGAJI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUDAYA JUMAT MENGAJI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13410178_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUDAYA JUMAT MENGAJI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13410178_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Zeka Gehanusa Ibnu. Pengaruh Budaya Jumat Mengaji Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMA N 1 Kalasan TTahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Kalasan belum sepenuhnya mampu membaca Al-Qur’an secara terampil. Kemudian munculah gagasan dari rekan ROHIS untuk mengadakan kegiatan Jumat Mengaji. Kegiatan ini untuk mewadahi siswa untuk membiasakan selalu mengaji setiap hari jumat pagi pada pukul 06.45-07.00 WIB. Harapannya, denganm kegiatan ini mampu membuat siswa terampil membaca Al-Qur’an sesuai kaidah hukum, tajwid. Maka dari itu diadakanlah penelitian tentang pengaruh budaya jumat mengaji terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bermaksud mengungkap ada atau tidaknya pengaruh budaya jumat mengaji terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Kalasan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 221 dan sampel diambil secara acak sejumlah 50 siswa. Pengumpulan menggunakan angket, tes keterampilan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian telah lulus dari uji validitas, realibilitas, normalitas dan linieritas. Analisis validitas menunjukan 15 butir instrumen angket lulus uji validitas dengan rincian semua butir valid. Sedangkan koefisien reliabilitas sebesar 0.838 dan dinyatakan reliabel. Uji normalitas antara jumat mengaji dengan keterampilan membaca Al-Qur’an sebesar dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,151>0,05 artinya dan berdistribusi dengan normal. Dan hasil uji linieritas menunjukan nilai hasil linieritas variabel jumat mengaji dengan keterampilan membaca Al-Qur’an yaitu menggunakan “Anova Table”, diketahui bahwa nilai Sig. Deviation From Linearty sebesar 0,492. Karena nilai Sig. 0,492 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tersebut membentuk garis lurus linieritas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regeresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Budaya jumat mengaji adalah kegiatan tadarus Al-Qur’an yang dilakukan di SMA N 1 Kalasan pada setiap hari Jumat pagi dari pukul 06.45 – 07.00 WIB. 2) Tingkat keterampilan membaca Al- Quran siswa kelas XI SMA N 1 Kalasan berada pada tingkat “Sangat Baik”. Hal ini dibuktikan pada rata-rata skor nilai 77,72 dimana siswa yang berada pada rentangan nilai 75-92 dari 50 responden. 3) Ada korelasi positif dan pengaruh positif antara jumat mengaji dengan keterampilan membaca Al-Qur’an sebesar 0,602. Sedangkan hasil regresi ada pengaruh positif. Keterampilan membaca Al- Qur’an siswa kelas XI SMA N 1 Kalasan dipengaruhi jumat mengaji sebesar 36,2%. Sementara sisanya 63,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Jumat Mengaji, Keterampilan membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Maragustam Siregar, M.A
Uncontrolled Keywords: Jumat Mengaji, Keterampilan membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:15
Last Modified: 20 Nov 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum