PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TAZKIYATUN NAFS DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENURUNAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA

SRI HARTATI, NIM. 1520311100 (2017) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TAZKIYATUN NAFS DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENURUNAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TAZKIYATUN NAFS DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENURUNAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA)
1520311100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TAZKIYATUN NAFS DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENURUNAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH REMAJA)
1520311100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

SRI HARTATI. Pengaruh Bimbingan Dan Konseling Tazkiyatun Nafs Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Penurunan Perilaku Seksual Pranikah Remaja. Program Pascasarjana. Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan dan konseling tazkiyatun nafs dengan pendekatan rational emotive behavior therapy terhadap penurunan perilaku seksual pranikah remaja. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen (eksperimen semu) dengan nonequivalent pretest and posttest control group design. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Berdasarkan skor skala perilaku seksual pranikah dengan kategori tinggi, sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 11 siswa pada kelompok eksperimen dan 11 siswa pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Analisis of Covariance (ANCOVA) dan Anava Dua Jalur (Two Way Anova). Pengumpulan data menggunakan skala perilaku seksual pranikah. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung lebih besar daripada Ftabel (36,8104,46) dengan nilai signifikan 0,0000,05. Pengaruh pretest dan perbedaan kelompok terhadap posttest secara simultan mempunyai angka signifikansi sebesar 0,000. Efek perlakuan bimbingan konseling tazkiyatun nafs dengan REBT terhadap tingkat perilaku seksual pranikah remaja sebesar 0,660 Artinya, varians pada variabel perilaku seksual pranikah remaja setelah perlakuan 66%-nya dapat dijelaskan oleh bimbingan dan konseling tazkiyatun nafs dengan pendekatan REBT. Setelah diberikan perlakuan kelompok eksperimen menunjukkan skor rata-rata perilaku seksual pranikah remaja sebesar 127,6. Sedangkan pada kelompok kontrol menunjukkan skor ratarata perilaku seksual pranikah remaja sebesar 136,36. Adapun setelah dilakukan proses bimbingan dan konseling tazkiyatun nafs dengan pendekatan REBT, jenis kelamin tidak mempengaruhi efektivitas bimbingan konseling tazkiyatun nafs dengan pendekatan REBT. Namun skor rata-rata perilaku seksual pranikah menunjukkan perbedaan. Dimana skor subjek laki-laki memperoleh skor rata-rata 131 dengan skor subjek perempuan yakni memperoleh penurunan angka dengan skor rata-rata 133. Hal ini dapat dilihat bahwa adanya pengaruh jenis kelamin dan perbedaan kelompok terhadap posttest dengan angka signifikansi sebesar 0,001. Artinya, perbedaan nilai rata-rata perilaku seksual pranikah subjek perempuan lebih tinggi daripada subjek laki-laki. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai F sebesar 1,666 dengan angka signifikansi 0,213. Berdasarkan penjabaran hasil analisis data di atas, dinyatakan bahwa bimbingan dan konseling tazkiyatun nafs dengan pendekatan REBT secara empirik terbukti efektif berpengaruh terhadap penurunan perilaku seksual pranikah remaja. Dengan demikian dapat diartikan bahwa setelah diberikan perlakuan menunjukkan adanya penurunan perilaku ke arah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tazkiyatun Nafs, REBT, Perilaku Seksual Pranikah Remaja
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 11:22
Last Modified: 30 Oct 2017 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum