COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) BERBASIS ISLAM (PENERAPAN PENYELESAIAN KASUS ALTRUISME DI SMP MA’ARIF 9 SAWOO PONOROGO)

FIBRIANA MIFTAHUS SA’ADAH, NIM. 1520311108 (2017) COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) BERBASIS ISLAM (PENERAPAN PENYELESAIAN KASUS ALTRUISME DI SMP MA’ARIF 9 SAWOO PONOROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) BERBASIS ISLAM (PENERAPAN PENYELESAIAN KASUS ALTRUISME DI SMP MA’ARIF 9 SAWOO PONOROGO))
1520311108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) BERBASIS ISLAM (PENERAPAN PENYELESAIAN KASUS ALTRUISME DI SMP MA’ARIF 9 SAWOO PONOROGO))
1520311108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Fibriana miftahus sa’addah (NIM 1520311108) 2017.Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Berbasis Islam (Penerapan Penyelesaian Kasus Altruisme Di SMP Ma’arif 9 Sawoo Ponorogo). Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Prodi IIS, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Penelitian ini berangkat dari fenomena tingginya sikap egoistic di lingkungan social saat ini. Bahkan di lingkungan pendidikan yang seharusnya memberikan contoh prilaku yang baik malah mulai terlihat memudarnya sikap tolong menolong yang ikhlas (altruisme). Oleh karna itu SMP Maarif 9 Sawoo Ponorogo merasa berkewajiban untuk meningkatkan sikap altruisme siswanya dengan berbagai cara, trutama bagi guru bimbingan dan konseling memiliki caranya sendiri untuk meningkatkan sikap altruisme siswa yaitu dengan menggunakan bimbingan dan konseling Cognitive Behaviour Therapy dengan pendekatan Islam yang menjadi tema penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan ; (1) bagaimana sikap altruisme siswa selama ini, (2) bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling CBT berbasis islam untuk meningkatkan sikap altruisme siswa SMP Ma’arif 9 Sawoo Ponorogo. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Ma’arif 9 Sawoo Ponorogo. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap altruisme siswa masih banyak yang egoistic atau belum altruisme. Bimbingan dan konseling CBT berbasis islam untuk meningkatkan sikap altruisme siswa SMP Ma’arif 9 Sawoo Ponorogo yaitu melalui beberapa tahap terapi yaitu (1) menciptakan hubungan dekat, (2) menilai masalah, (3) menentukan target perubahan, (4) penerapan tehnik kognitif dan behafioral, (5) memonitor perkembangan, (6) merancang program lanjutan. Yang membedakan CBT dengan CBT berbasis Islam adalah pada tahap ke 4 ditambahkan penguatanya dengan pendidikan Islam yang diambil dari Al-quran, Hadits dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan pendidikan islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sriharini M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kunci:Altruisme, Bimbingan dan Konseling Islam, CBT.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 11:26
Last Modified: 30 Oct 2017 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum