PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAKMELINGKAR UNTUK KELAS X SMA/MA

Rosiin, NIM.10690008 (2017) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAKMELINGKAR UNTUK KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10690008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10690008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika berbasis integrasi-interkoneksi model konfirmatif pada materi gerak melingkar untuk siswa kelas X SMA/MA, (2) mengetahui kualitas modul fisika yang dihasilkan, (3) mengetahui respon siswa SMA/MA terhadap modul fisika yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan Sammel and Sammel yang dibatasi pada tahap ketiga yakni, (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perencanaan), (3) tahap develop (pengembangan). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Penelitian dilaksanakan di MAN 4 Bantul. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas X MIPA 1 pada uji coba skala kecil, dan 53 siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 pada uji coba skala besar. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan lembar kritik dan saran untuk validator, lembar check list, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini berupa: (1) modul fisika berbasis integrasi-interkoneksi model konfirmatif pada pokok bahasan gerak melingkar untuk siswa kelas X SMA/MA, (2) kualitas modul fisika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli integrasiinterkoneksi, dan guru fisika SMA/MA secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,43 pada ahli materi, 3,60 pada ahli integrasiinterkoneksi, dan 3,54 pada guru fisika SMA/MA. Sedangkan penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,25. (3) respon siswa MAN 4 Bantul terhadap modul fisika yang dikembangkan memiliki kategori sangat setuju pada tahap uji coba skala kecil dan uji coba skala besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: modul fisika, integrasi-interkoneksi, model konfirmatif, gerak melingkar
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 13:45
Last Modified: 30 Oct 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum