PERAN SERIKAT TUNAS MULIA DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEKERJA RUMAH TANGGA (PRT) DI DESA BENERARANGWARU, KOTA YOGYAKARTA

MOH ROMLI, NIM. 13230068 (2017) PERAN SERIKAT TUNAS MULIA DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEKERJA RUMAH TANGGA (PRT) DI DESA BENERARANGWARU, KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SERIKAT TUNAS MULIA DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEKERJA RUMAH TANGGA (PRT) DI DESA BENERARANGWARU, KOTA YOGYAKARTA)
13230068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN SERIKAT TUNAS MULIA DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEKERJA RUMAH TANGGA (PRT) DI DESA BENERARANGWARU, KOTA YOGYAKARTA)
13230068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Serikat Tunas Mulia bergerak membela PRT dari kekerasan dan diskiriminasi serta membangun keterampilan. Tujuan didirikannya Lembaga Serikat Tunas Mulia ialah mewadahi PRT, yang diisi dengan pelatihan dan pembekalan, serta menumbuhkan sifat saling membantu ketika ada masalah diantara anggota Lembaga Serikat Tunas Mulia. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu pertama bagaimana peran Lembaga Serikat Tunas Mulia dalam Pemberdayaan PRT di Desa Benerarangwaru, Kota Yogyakarta, dan bagaimana hasil Lembaga Serikat Tunas Mulia dalam pemberdayaan PRTdi Desa Benerarangwaru, Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan deskriptif kualitatif, kemudian untuk pengumpulan data disini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, Untuk menghasilkan kesimpulan penelitian yang benar, maka penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Sedangkan analisis dengan analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini penelitian menemukan beberapa peran pemberdayaan pekerja rumah tangga yang dilakukan oleh Lembaga Serikat Tunas Mulia. Peran yang dilakukan oleh Lembaga Serikat Tunas Mulia yaitu pengorganisasian, Fasilitasi, kampanye, dan pelatihan skill kepada PRT. Setelah diterimahnya peran pemberdayaan yang diberikan Lembaga Serikat Tunas Mulia kepada PRT, maka ada beberapa point hasil yang penulis temukan yaitu meningkatkan kepedulian antar PRT, meningkatnya pengetahuan PRT, menjadikan PRT sebagai pekerja profesional, PRT dapat terhindar dari bentuk pelecehan, mampu menyuarakan pendapat, dan yang terakhir PRT dapat mampu mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sriharini, S.Ag., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Peran Pemberdayaan, Lembaga Serikat Tunas Mulia, Pekerja Rumah Tangga.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2017 06:56
Last Modified: 30 Oct 2017 06:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27988

Actions (login required)

View Item View Item