PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS

Khoerotun Nangimah, NIM. 10690030 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS)
10690030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS)
10690030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Model Cooperatif Learning dengan tipe Team Asisted Individualizatioan (TAI) menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Semakin tinggi aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, semakin mendukung pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan pokok bahasan gerak lurus kelas X MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan mpdel pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua siklus, meliputi langkah-langkah pendahuluan, inti, dan penutup. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Nurul Ummah semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui soal pretest dan posttest, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh dari angket aktivitas siswa. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan menghitung selisih kanaikan nilai rata-rata siklus II dengan nilai rata-rata pada siklus I. Data aktivitas belajar dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika menggunakan model Cooperative Learning dengan tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Dari analisia data di atas terdapat peningkatakn hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata pretest adalah 3,12 nilai rata-rata posttest adalah 6,0, dengan selisih 2,88, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pretest adalah 3,8, nilai rata-rata posttest adalah 6,9 dengan nilai selisih 3,1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar, Aktivitas Belajar.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 14:15
Last Modified: 30 Oct 2017 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum