PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA LENSA UNTUK SISWA DIFABEL NETRA DI SLBN 1 BANTUL

Faiz Al Hasan, NIM.11690040 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA LENSA UNTUK SISWA DIFABEL NETRA DI SLBN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA LENSA UNTUK SISWA DIFABEL NETRA DI SLBN 1 BANTUL)
11690040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA LENSA UNTUK SISWA DIFABEL NETRA DI SLBN 1 BANTUL)
11690040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan alat peraga pembentukan bayangan pada lensa untuk siswa difabel netra di SLBN 1 Bantul, 2) Mengetahui kualitas alat peraga pembentukan bayangan pada lensa untuk siswa difabel netra di SLBN 1 Bantul, 3) Mengetahui respon siswa terhadap alat peraga pembentukan bayangan pada lensa untuk siswa difabel netra di SLBN Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Thiagarajan & Schmeil yang sering dikenal dengan 4-D, yaitu 1) Define, 2) Design, 3) Develop 4) Desseminate. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap develop. Instrument penelitian berupa lembar penilaian kualitas alat peraga untuk ahli materi, ahli media dan guru sekolah dibuat dalam bentuk skala Likert dalam bentuk checklist. Instrument peserta didika berupa skala respon peserta didik menggunakan skala Likert dalam bentuk checklist. Data hasil penilaian diubah menjadi rerat skor yang kemudian dibandingkan dengan table klasifikasi kriteria penilaian produk dan respon peserta didik sehingga di dapatkan penilaian dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan berupa alat peraga pembentukan bayanagn pada lensa untuk siwsa difabel netra di SLBN 1 Bantul. Kualitas alat peraga tersebut menurut penilaian ahli materi, ahli media serat guru di sekolah adalah sangat baik (SB). Respon peserta didik dengan alat peraga pada ujicoba produk adalah sangat setuju (SS). Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa alat peraga pembentukan bayangan pada lensa untuk siswa difabel netra dapat digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran bagi peserta didik difabel netra di SLBN 1 Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Untoro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, pembentukan bayangan, difabel netra
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 14:50
Last Modified: 30 Oct 2017 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum