KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI AKOMODASI KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA DENGAN MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA)

Tri Junita Sari, NIM. 13210069 (2017) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI AKOMODASI KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA DENGAN MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI AKOMODASI KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA DENGAN MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA))
13210069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI AKOMODASI KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA DENGAN MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA))
13210069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tri Junita Sari- 13210069. KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (Studi Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Pattani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dalam interaksi antar budaya dengan masyarakat Gowok Yogyakarta). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Kemajuan Teknologi dan transportasi memudahkan manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan kemajuan teknologi dan transportasi tersebut perjalanan dari suatu negara ke negara lainnya bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Mahasiswa yang melanjutkan studi di daerah yang berbeda dari asalnya. Salah satunya terjadi pada Mahasiswa Pattani asal Thailand Selatan yang memenuhi kebutuhan pendidikannya di negara Indonesia, khususnya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebagai pendatang dengan latar belakang budaya yang berbeda mengharuskan mereka untuk bisa beradaptasi dengan masyarakat sekitar. Hal tersebut dilakukan dengan seringnya interaksi dan komunikasi yang dilakukan mahasiwa Pattani dengan masyarakat Gowok. Dalam proses interaksi dan komunikasi yang dilakukan mahasiswa Pattani dengan masyarakat Gowok didalamnya mengharuskan mahasiswa Pattani untuk melakukan akomodasi komunikasi. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori akomodasi komunikasi. Richard Turner mendefiniskan bahwa Akomodasi komunikasi adalah kemampuan menyesuaikan, memodifikasi atau mengatur perilaku seseorang dalam responnya terhadap orang lain. Point penting dalam teori akomodasi komunikasi, bahwa dalam berkomunikasi setiap orang mempunyai pilihan dalam menentukan sikap komunikasinya yaitu dengan cara konvergensi (melebur), divergensi ( membuat perbedaan), dan akomodasi berlebihan. Hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa Pattani melakukan akomodasi komunikasi dalam bentuk konvergensi dan Divergensi. Kedua bentuk ini ditemukan dari bahasa, sapaan, sentuhan dan tata cara pakaian mereka. Sedangkan akomodasi berlebihaan tidak ditemukan dalam penelitian ini. Sikap hormat mahasiswa Pattani terhadap masyarakat Gowok menjadi alasan utama mahasiswa Pattani tidak melakukan akomodasi yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi antar budaya, Akomodasi komunikasi, Mahasiswa Pattani
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:42
Last Modified: 31 Oct 2017 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum