PENGARUH MENONTON TAYANGAN DUA HIJAB DI TRANS 7 TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MAHASISWI DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKAR

Ulfa Diah Listyani, NIM. 13210086 (2017) PENGARUH MENONTON TAYANGAN DUA HIJAB DI TRANS 7 TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MAHASISWI DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN DUA HIJAB DI TRANS 7 TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MAHASISWI DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKAR)
13210086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON TAYANGAN DUA HIJAB DI TRANS 7 TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MAHASISWI DI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKAR)
13210086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ulfa Diah Listyani. NIM 13210086. Skripsi. Pengaruh Menonton Tayangan Dua Hijab di Trans 7 terhadap Perilaku Berbusana Mahasiswi di Asrama Al-Hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Perkembangan media massa yang semakin pesat saat ini memberikan pengaruh bagi masyarakat luas. Salah satu contoh media massa elektronik yang memiliki dampak luas adalah televisi. Tayangan yang disajikan tidak hanya menyuguhkan konten hiburan semata, melainkan juga turut menyuguhkan konten yang bernilai informasi dan pendidikan, sesuai dengan fungsi media itu sendiri. Stasiun televisi berkompetisi untuk bisa menyuguhkan program acara yang bisa dinikmati khalayak. Misalnya televisi swasta nasional yang berlomba-lomba menampilkan program acara yang sedang tren di kalangan masyarakat umum, khususnya kaum wanita. Salah satunya adalah tayangan Dua Hijab di Trans 7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh menonton tayangan Dua Hijab di Trans 7 terhadap perilaku berbusana mahasiswi di Asrama Al Hikmah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification, perilaku, menonton, busana, dan pengaruh menonton tayangan Dua Hijab terhadap perilaku berbusana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Cara menguji hipotesis yang digunakan adalah penelitian survei. Validitas menggunakan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbath, teknik analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi sederhana. Dalam penelitian ini populasinya adalah Mahasiswi di Asrama Al hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Berdasarkan kriteria populasi yang telah ditetapkan oleh peneliti, diperoleh 50 mahasiswi yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini tidak menggunkaan sampel, karena merupakan penelitian populasi. Cara ini disebut juga sensus (complete enumeration). Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan analisis data yang dilakukan ditemukan r tabel 0,279 dan nilai koefisien korelasi 0,135 Artinya tidak terdapat korelasi yang signifikan antara menonton tayangan Dua Hijab dengan perilaku berbusana, karena 0,135<0,279. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan 0,018 nilai tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh menonton tayangan Dua Hijab terhadap perilaku berbusana hanya sebesar 1,8 % sedangkan sisanya adalah 98,2% dipengaruhi oleh selain menonton tayangan Dua Hijab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Menonton Tayangan Dua Hijab, Perilaku Berbusana Mahasiswi, Trans 7, Asrama Al-Hikmah.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:51
Last Modified: 30 Oct 2017 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum