PEMAKNAAN ANGGOTA KOMUNITAS PECINTA FILM ISLAMI (KOPFI) YOGYAKARTA TENTANG ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA

FITRIA PURNAMASARI, NIM. 13210112 (2017) PEMAKNAAN ANGGOTA KOMUNITAS PECINTA FILM ISLAMI (KOPFI) YOGYAKARTA TENTANG ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAKNAAN ANGGOTA KOMUNITAS PECINTA FILM ISLAMI (KOPFI) YOGYAKARTA TENTANG ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA)
13210112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PEMAKNAAN ANGGOTA KOMUNITAS PECINTA FILM ISLAMI (KOPFI) YOGYAKARTA TENTANG ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA)
13210112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

FITRIA PURNAMASARI : 13210112. Pemaknaan Anggota Komunitas Pecinta Film Islami Yogyakarta tentang Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2017. Isu terorisme masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat saat ini. Agama Islam seringkali diduga menjadi pelaku terorisme di kalangan masyarakat luas. Namun sejatinya Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi semesta alam atau Islam Rahmatan Lil Alamin. Penelitian ini berpusat pada pemaknaan anggota KOPFI tentang Islam Rahmatan Lil Alamin dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis resepsi untuk menganalisa makna yang diciptakan penonton terhadap teks media yang berbentuk tanda visual dan tanda verbal dalam sebuah film. Analisis ini berdasarkan teori resepsi Stuart Hall juga didukung dengan tinjauan teori Islam Rahmatan Lil Alamin dan teori Melvin De Fleur dan Sandra Ball Rokeach mengenai faktor yang mempengaruhi persepsi audiens terhadap pesan media massa. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka sebagai metode pengumpulan datanya. Film Bulan Terbelah di Langit Amerika dirilis pada bulan Desember 2015 dengan genre drama dan berdurasi 100 menit. Dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika diceritakan bagaimana sosok Hanum dan Rangga berusaha membuktikan bahwasanya Islam adalah agama kedamaian atau Islam Rahmatan Lil Alamin kepada masyarakat di New York, Amerika Serikat. Pemaknaan Islam Rahmatan Lil Alamin dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika dari wawancara kelima anggota KOPFI Yogyakarta yaitu pemaknaan kelima informan terhadap Islam Rahmatan Lil Alamin dibagi ke dalam tiga indikator besar yaitu cinta dan kasih, toleransi dan dialog antar iman. Pemaknaan informan terhadap indikator-indikator tersebut menempati posisi yang berbeda-beda yaitu dominan hegemoni, negosiasi dan oposisi. Perbedaan dan persamaan pemaknaan dapat terjadi karena latar belakang informan yang berbeda atau sama seperti halnya pendidikan, umur, jenis kelamin, pengetahuan, pengalaman dan pertemanan sesuai dengan teori individual differences perspective, social categories perspective dan social relation perspective.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ristiana Kadarsih, S. Sos., M. A.
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Islam Rahmatan Lil Alamin, Film
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 16:03
Last Modified: 30 Oct 2017 16:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum