HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL MUAYYAD SURAKARTA

NUR RIZQIYAH AL KARIMAH, NIM. 13410006 (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL MUAYYAD SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL MUAYYAD SURAKARTA)
13410006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL MUAYYAD SURAKARTA)
13410006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kecerdasan spiritual penting diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, karena kebahagiaan hidup sejatinya bukan hanya terletak pada materi, namun kepada pemaknaan hidup. SMP Al Muayyad Surakarta yang memiliki pendidikan agama islam lebih banyak menjadi wajar jika siswa-siswinya memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan siswa-siswinya melakukan tindak kenakalan remaja. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan tingkat kecerdasan spiritual dan untuk mendeskripsikan tingkat kenakalan remaja pada siswa kelas VIII SMP Al Muayyad Surakarta, dan untuk menguji secara empiris hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kenakalan remaja pada siswa kelas VIII SMP Al Muayyad Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII SMP Al Muayyad Surakarta. Dengan teknik proportionate random sampling diambil 78 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi analisis korelasi produk momen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat kecerdasan spiritual siswa SMP Al Muayyad Surakarta secara umum tinggi, yaitu 98,72 %. (2) tingkat kenakalan remaja siswa SMP Al Muayyad Surakarta secara umum sedang, yaitu 66,67%. (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kenakalan remaja siswa SMP Al Muayyad Surakarta, artinya semakin tinggi tingkat kecerdasan spiritual maka tingkat kenakalan remaja semakin rendah, begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil uji hipotesis rxy = -.266, dan p (onetailed) < .05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., MA.,
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Kenakalan Remaja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:35
Last Modified: 03 Nov 2017 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum