PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK

ANDIK SETIAWAN, NIM. 12690002 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK)
12690002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK)
12690002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

INTISARI Peneltian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kualitas buku praktikum fisika untuk siswa kelas XI SMA N 1 Banguntapan pada pokok bahasan elastisitas dan gerak harmonik 2) mengetahui keterlaksanaan buku praktikum fisika untuk siswa kelas XI SMA N 1 Banguntapan pada pokok bahasan elastisitas dan gerak harmonik 3) mengetahui respon siswa terhadap buku praktikum fisika untuk siswa kelas XI SMA N 1 Banguntapan pada pokok bahasan elastisitas dan gerak harmonik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah utama yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Dissaminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop pada langkah uji pengembangan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, angket respon siswa dan lembar keterlaksanaan produk. Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Penilain kualitas untuk siswa menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah buku praktikum fisika untuk siswa kelas XI SMA N 1 Banguntapan pada pokok bahasan elastisitas dan gerak harmonik. Buku praktikum ini dikembangkan berdasarkan pendekatan open ended problem. Kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor 3,373 dan berdasarkan ahli media memiliki kualitas baik (B) dengan skor 3,24 dan guru fisika SMA/MA memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor 3,346. Respon siswa terhadap produk pada uji produk awal memiliki kategori setuju dengan skor 3,171 dan uji utama memiliki kriteria sangat setuju dengan skor 3,415. Keterlaksanaan produk buku praktikum secara keseluruhan telah terlaksana, akan tetapi pada pemunculan konsep praktikum siswa masih belum sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Untoro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Buku Praktikum, Open Ended Problem, Elastisitas dan Gerak Harmonik, SMA N 1 Banguntapan
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:17
Last Modified: 31 Oct 2017 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum