PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 2 BANGUNTAPAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

NILATUL KHOERIYAH, NIM. 13690006 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 2 BANGUNTAPAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 2 BANGUNTAPAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS)
13690006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 2 BANGUNTAPAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS)
13690006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pretest- posttest control group design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) dan variabel terikatnya berupa kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest-posttest untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisa data menggunakan statistik parametrik yaitu uji T dan uji normalized gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas (taraf signifikansi (sig. 2- tailed) = 0,000 0,05; maka H0 ditolak dan Ha diterima), (2) model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas (N-Gain kelas eksperimen = 0,886 (tinggi) N-Gain kelas kontrol = 0,662 (sedang)).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widayanti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: model Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR), Kemampuan pemecahan masalah, Teori kinetik gas.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:36
Last Modified: 31 Oct 2017 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum