EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS

ZULFA NIDAUL HASANAH, NIM. 13690047 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS)
13690047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS)
13690047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses sains untuk mencapai 75% siswa yang lulus KKM, (2) Mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatan pemahaman konsep pada materi fluida statis, (3) Mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan motivasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design, variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas pendekatan keterampilan proses sains, serta variabel terikat pemahaman konsep dan motivasi belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest pemahaman konsep dan lembar angket motivasi belajar fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji-t, uji normalized gain (N-gain) dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan ketrampilan proses sains tidak efektif untuk mencapai 75% sisa yang lulus KKM, karena jumlah siswa yang lulus KKM hanya 62,5% (2) Pendekatan keterampilan proses sains efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi fluida statis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 α = 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak), dan mampu meningkatkan pemahaman konsep dengan N-gain 0,68 (sedang); effect size 1,46 (efek besar) (3) Pendekatan keterampilan proses sains efektif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika dengan N-gain 0,39 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pendekatan keterampilan proses sains, pemahaman konsep, motivasi belajar fisika, fluida statis.
Subjects: Pendidikan Fisika
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:58
Last Modified: 31 Oct 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum