PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

USWATUN KHASANAH, NIM. 13690056 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS)
13690056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS)
13690056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi momentum dan impuls, 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi momentum dan impuls dengan penerapan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) serta variabel terikat kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Magelang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan uji normalized gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,001 α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak), 2) strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls (N-Gain kelas eksperimen = 0,44 (sedang) N-Gain kelas kontrol = 0,28 (rendah)).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Momentum dan Impuls.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 09:04
Last Modified: 31 Oct 2017 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum