PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

KURNIA ANHAR, NIM. 10600012 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP)
10600012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP)
10600012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik terhadap koneksi matematis dan disposisi matematis siswa dibanding pembelajaran dengan metode konvensional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran dengan metode pendekatan matematika realistik dan dua variabel terikat berupa kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N I Kasihan tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 siswa. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan metode pendekatan matematika realistik. Kelas VIII B dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar catatan lapangan, tes kemampuan koneksi matematis (pretest dan posttest), serta skala sikap disposisi matematis (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial dengan independent sample t-test (uji-t satu pihak). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 21.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap koneksi matematis dan disposisi matematis siswa diandingkan dengan pembelajaran dengan metode konvensional Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendekatan Matematika Realistik, Koneksi Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 09:12
Last Modified: 31 Oct 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum