PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTS

DIAH AYU NUR’ANI, NIM. 10600044 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTS)
10600044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTS)
10600044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Role Playing Games (RPG) dalam pembelajaran matematika pada materi pokok perbandingan untuk jenjang SMP/MTs dalam bentuk software serta untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dihasilkan apakah layak untuk digunakan atau tidak. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari tahapan-tahapan pada model daur pengembangan sistem informasi atau System Development Life Cycle (SDLC). Tahapan-tahapan dalam model ini meliputi tahap analisis sistem, tahap desain sistem, tahap implementasi sistem, dan tahap operasi dan pemeliharaan. Pengujian media pembelajaran dilakukan dalam dua tahap yakni pengujian alfa dan pengujian beta. Pengujian alfa merupakan pengujian yang dilakukan oleh peneliti guna menilai apakah program sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum. Sementara pengujian beta dilakukan oleh 30 siswa SMP 05 Yogyakarta guna mengetahui penilaian mereka terhadap media pembelajaran yang dibuat. Sebelum diujikan pada siswa, media pembelajaran berbasis RPG ini sudah terlebih dahulu dinilai oleh empat orang guru matematika. Pada penelitian pengembangan ini diperoleh hasil berupa produk media pembelajaran berbasis Role Playing Games (RPG) dalam pembelajaran matematika untuk materi pokok perbandingan. Selain itu, media pembelajaran ini juga dinilai baik oleh para guru begitu juga oleh para siswa. Tidak hanya itu, media ini juga mendapat respon sangat positif dengan skor rata-rata 58,87. Media pembelajaran juga dinilai efektif karena rata-rata hasil post test siswa pada materi perbandingan adalah 79,17 dengan persentase siswa yang memperoleh nilai 75 sebanyak 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aulia Faqih Rifai, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Role Playing Games (RPG), Pembelajaran Matematika, Perbandingan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 09:52
Last Modified: 31 Oct 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum