EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

HULLIYATUL JANNAH, NIM. 10600055 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH)
10600055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (26MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH)
10600055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan Problem Posing dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan Masalah. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk desain kelompok control non ekivalen (Noneequivalent Control Group Design).Variable bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan Problem Posing, sedangkat variable terikatnya adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian adalah siswa MTs Syirkah Salafiyah kelas VII yang berjumlah 55 siswa. Karena jumlah populasi yang relatif kecil maka semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dan saran dari guru didapatkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpul data dalam penelitian ini adalah instrument soal tes pemecahan masalah yang berbentuk cerita. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 16.0. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data skor N-gain kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan Problem Posing lebih Efektif dari pada pembelajaran dengan model konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, GI (Group Investigation), Problem Posing, Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:58
Last Modified: 31 Oct 2017 02:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28043

Actions (login required)

View Item View Item