EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII YOGYAKARTA

ANNYTA LUCYANA, NIM. 10600061 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII YOGYAKARTA)
10600061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII YOGYAKARTA)
10600061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan Interaksi Sosial Siswa. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII E tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan Angket siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripadapembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan Interaksi Sosial Siswa. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII E tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan Angket siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripadapembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Berpikir Kritis, Interaksi Sosial Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 10:08
Last Modified: 31 Oct 2017 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum