EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

VIYANIA, NIM. 12600003 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA)
12600003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (33MB)
[img]
Preview
Text
12600003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Cadr Sort dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika siswa. Selain itu, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Card Sort dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Card Sort, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar dan pemahaman konsep matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 9 Sleman Maguwoharjo, Depok, Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan treatment model pembalajaran Learning Cycle 7E dengan metode Card Sort dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan treatment model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yaitu uji t-test (independent samples t-test) dan uji Mann Whitney untuk data yang tidak memenuhi prasyarat; normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis yaitu data Postscale dan N-Gain , data postscale digunakan untuk analisis data minat belajar sedangkan data N-gain untuk analisis data tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Card Sort tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika siswa, 2) model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Card Sort lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Card Sort, Minat Belajar, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Bulletin
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:19
Last Modified: 31 Oct 2017 03:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28046

Actions (login required)

View Item View Item