PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT

DEDEN HIDAYAT, NIM. 13600004 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT)
13600004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT)
13600004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII pada materi pokok segiempat. Kelayakan LKS didasarkan pada tiga unsur meliputi validitas, praktibilitas, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang meliputi lima langkah utama. Langkah tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 8 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, lembar soal post-test, dan lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendidikan matematika realistik telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendidikan matematika realistik termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 81,63%. Efektif berdasarkan hasil post-test, LKS matematika berbasis pendidikan matematika realistik dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi segiempat. Hal ini dilihat dari 74,19% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kompetensi dasar segiempat. Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS matematika berbasis pendidikan matematika realistik diperoleh respon positif dengan persentase 78,79%. Jadi, LKS matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 10:35
Last Modified: 31 Oct 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum