PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS

DINA SEPTIARINI, NIM. 13600016 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS)
13600016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS)
13600016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pada pembelajaran kontekstual siswa mengaitkan materi dengan kehidup nyata mereka. Siswa tidak hanya sekedar menghapal, tetapi belajar melal mengalami sehingga pembelajaran yang dialami siswa lebih bermakna. Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berba kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa SMP/M yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas VIII pada mat prisma dan limas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research a Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adal model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosed pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembang Borg dan Gall. Langkah-langkah prosedur pengembangan tersebut yaitu: ( melakukan analisis produk yang dikembangkan; (2) mengembangkan produk aw (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; ( uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan dala penelitian ini meliputi lembar pedoman wawancara, lembar angket keterbacaa lembar penilaian LKS, lembar angket respon siswa, lembar instrumen post test,d lembar validasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tekn statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis kontekstu telah memenuhi kriteria kelayakan yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Val berdasarkan penilaian dari ahli yang menunjukkan bahwa kualitas LKS termas kategori sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 83,05%. Efektif dala memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi prisma dan limas berdasark hasil post test bahwa sebesar 70,37% siswa yang mengikuti post test memperol nilai lebih besar atau sama dengan KKM, yaitu 75. Praktis berdasarkan respon sis terhadap LKS matematika berbasis kontekstual yang mendapatkan respon posi dengan persentase keidealan sebesar 78,46%. Oleh karena itu, LKS matemati berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep sis SMP/MTs kelas VIII pada materi prisma dan limas telah layak digunakan dala pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Kontekstual, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 11:06
Last Modified: 31 Oct 2017 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum