PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

SUGIARTI, NIM. 13600030 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (62MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang paling berpengaruh antara penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TPS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang paling berpengaruh antara penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TPS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel bebas berupa pendekatan PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 siswa. Kelas VII E dijadikan kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kelas VII D dijadikan kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self confidence dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Excel 2010. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TPS memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, PBL, TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:11
Last Modified: 31 Oct 2017 04:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28053

Actions (login required)

View Item View Item